Upaya Manfaatkan Potensi Daerah Kota Malang, Unisma Gagas Kampung Pesantren di Komplek Gribig | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Upaya Manfaatkan Potensi Daerah Kota Malang, Unisma Gagas Kampung Pesantren di Komplek Gribig
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Upaya Manfaatkan Potensi Daerah Kota Malang, Unisma Gagas Kampung Pesantren di Komplek Gribig

Satukanal.com, Nasional – Salah satu perguruan tinggi islam di Kota Malang yakni Universitas Islam Malang (Unisma) kembali menciptakan inovasinya dengan menggagas kawasan wisata baru yang berlokasi di Jalan Ki Ageng Gribig, Kelurahan Madyopuro, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang.

Rencana pembangunan lokasi wisata baru tersebut, disampaikan langsung oleh Prof Dr H Maskuri MSi selaku Rektor dari Unisma. Dikutip melalui laman Radar Malang, Rencana pembangunan wisata baru ini dibahas melalui pertemuan bersama dengan pihak Malang Peduli Demokrasi (MPD).

Pertemuan pembahasan wisata tersebut dilakukan pada Rabu (13/01/2021), rapat pembahasan yang digelar di lantai V rektorat Unisma, turut dihadiri oleh Wakil Rektor (Warek) I Prof Drs H Junaidi MPd PhD serta Warek II Noor Shodiq Askandar SE MM.

Pada gelaran rapat pembahasan ini, Rektor Unisma menyampaikan bahwa, ”Saya sampaikan kepada Wali Kota Malang, bahwa Kota Malang ini punya banyak potensi untuk mewujudkan Malang Bermartabat” Ujarnya dikutip dari laman Radar Malang.

Beragam potensi yang dimiliki Kota Malang salah satunya adalah beragam sentra kuliner, banyaknya perguruan tinggi di Kota Malang, hingga banyaknya peziarah yang mengunjungi makam Ki Ageng Gribig.

Baca Juga :  Gubernur Jatim Khofifah Positif Covid-19, Begini Penuturannya

Prof Dr H Maskuri MSi juga menyampaikan, dalam hal ini peran Pemerintah dapat memperbaiki beberapa infrastruktur di lokasi tersebut. ”Unisma tidak punya kepentingan profit. Kampung pesantren ini nanti kita jadikan laboratoriumnya Unisma,” Ujar Rektor Unisma.

Pada acara pembahasan tersebut juga turut dihadiri pihak dari MPD Imam Muslich selaku Ketua MPD serta beberapa anggota dari MPD. Sekretaris dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Wisata Religi Ki Ageng Gribig Agus Ahmad Saichu juga turut hadir.

Hadirnya beberapa elemen masyarakat seperti MPD dan Pokdarwis ini guna bersama-sama mewujudkan gagasan tersebut agar segera terrealisasikan. Rektor Unisma tersebut juga menyampaikan prihal gagasan membangun kampung pesantren di komplek makam Ki Ageng Gribig, sudah mendapatkan respons positif dari Wali Kota Malang yakni Dr. H. Sutiaji.

Agar perencanaan pembangunan kampung pesantern ini dapat maksimal, Maskuri mengatakan perlu adanya pertemuan untuk melakukan focus group discussion (FGD), FGD tersebut dilakukan guna mematangkan beberapa konsep terkait dengan pembangunan kampung pesantren.

Maskuri menjelaskan terkait Ide atas pembangunan kampung pesantren ini nantinya akan mendapatkan respon baik dari para warga sekitar makan Ki Ageng Gribig. Adanya pembangunan wisata kampung pesantren ini nantinya juga dapat meningkatkan perekonomian dari warga sekitar.

Baca Juga :  5 Macam Tanaman Hias Yang Aman Bagi Hewan Peliharaan

”Perekonomian warga sekitar akan terdongkrak, juga bisa menambah PAD kan?” Ujarnya.

Imam Muslich selaku Ketua MPD menyampaikan bahwa pihaknya telah berkomunikasi bersama dengan DPRD Kota Malang. Pada komunikasinya tersebut imam menjelaskan beberapa kendala terkait dengan pembangunan wisata kampung pesantren ini.

”Kami diminta menyampaikan aspirasi ke pemerintah daerah. Informasinya sudah ada anggaran,” Ujarnya.

Pada komunikasinya bersama dengan DPRD Kota Malang. Ketua MPD ini juga menyampaikan terkait dengan permasalahan yang sering terjadi di sekitar wisata religi Ki Ageng Gribig, ”Kami menyampaikan soal banjir, macet, dan wisata religi Ki Ageng Gribig,” Ujarnya.

Imam juga menyampaikan akan berkomitmen untuk andil dalam mewujudkan pembangunan wisata kampung pesantren ini. Agus Ahmad Saichu selaku Sekretaris Pokdarwis Wisata Religi Ki Ageng Gribig juga menyambut positif ide tersebut.

 

 

 

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait