Upaya Hadapi Timbulnya Gangguan Keamanan, Wali Kota Malang Kukuhkan FKDM Hingga Kecamatan - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Wali Kota Malang Ungkap Tak Ada Bantuan Hukum untuk Pejabat Terjerat Narkoba
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Upaya Hadapi Timbulnya Gangguan Keamanan, Wali Kota Malang Kukuhkan FKDM Hingga Kecamatan

Satukanal.com, Malang – Upaya mewujudkan Keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat merupakan salah satu prasyarat terselenggaranya proses pembangunan nasional. Demi terciptanya keamanan, ketertiban dan tegaknya hukum serta terbinanya ketentraman, Upaya tersebut dilakukan dengan membentuk Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM).

Dasar pembentukkan FKDM sendiri ada pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2018 tentang Kewaspadaan Dini di Daerah. Pembentukan FKDM tersebut mulai tingkat propinsi, kabupaten/kota, kecamatan sampai tingkat desa.

Salah satu tujuan pembentukan FKDM adalah untuk membantu instrumen negara dalam menyelenggarakan urusan keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat melalui upaya deteksi dini terhadap potensi dan kecenderungan ancaman serta gejala atau peristiwa bencana.

Pada Kamis (4/3/2021) Berlokasi di The Onsen Hot Spring Resort Batu, Pemerintah Kota Malang menggelar pengukuhan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Tingkat Kota dan Kecamatan di Wilayah Lingkungan Pemkot Malang.

Baca Juga :  Pendaftaran PPDB SMA/SMK 2021/2022 Jatim Buka Hingga Juni, Ini Persyaratan dan Cara Daftarnya

Berlangsungnya acara FKDM tersebut, dilakukan dalam rangka menjaga stabilitas Kota Malang dari ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan yang bisa timbul kapan saja. Pengukuhan FKDM juga dilaksanakan melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Malang.

Turut dihadiri secara langsung, Wali kota Malang Sutiaji lengkap dengan arahannya. Pada arahannya tersebut, Sutiaji menjelaskan bahwa kewaspadaan dini masyarakat menjadi penting, guna menjaga keamanan dengan senantiasa melihat kondisi kepekaan, kesiapsiagaan dan antisipasi masyarakat dalam menghadapi kemungkinan timbulnya gangguan keamanan.

“Potensi dan indikasi sekecil apapun, harus diantisipasi dengan penuh kepekaan dan kesiagaan, karena benturan kepentingan ekonomi, politik, sosial, agama, etnis dan ideologi setiap saat bisa muncul. Sehingga deteksi dini adanya indikasi dan potensi gangguan keamanan harus selalu dilakukan di lingkungan masing-masing,” ujarnya.

Baca Juga :  Gempa Akan Terus Terjadi di Kabupaten Malang

Wali kota Sutiaji juga berharap agar tim FKDM secara bersama-sama dapat melakukan antisipasi dan mewaspadai potensi munculnya gesekan ataupun ketegangan. Sebab, dengan kebersamaan, komunikasi dan koordinasi yang baik akan menghadirkan sinergisitas yang terarah dan efektif guna mewujudkan kondusifitas Kota Malang.

Sementara itu, Rinawati selaku Kepala Bakesbangpol Kota Malang, mengatakan bahwa tim FKDM baik tingkat kota maupun tingkat kecamatan bertugas untuk menjaring, menampung, mengkoordinasikan dan mengkomunikasikan data serta informasi dari masyarakat mengenai potensi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan di Kota Malang.

 

 

 

 

Pewarta : Naviska 
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait