Upaya Cegah DO, Bupati Kediri Salurkan Beasiswa GNOTA Pada Mahasiswa | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Upaya Cegah DO, Bupati Kediri Salurkan Beasiswa GNOTA Pada Mahasiswa
BERITA HIGHLIGHT KABUPATEN KEDIRI STRAIGHT NEWS

Upaya Cegah DO, Bupati Kediri Salurkan Beasiswa GNOTA Pada Mahasiswa

SATUKANAL.com, KEDIRI – dr. Hj. Haryanti Sutrisno selaku Bupati Kediri pada Sabtu (05/12/2020) menggelar acara penyaluran beasiswa program Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (GNOTA) kepada para mahasiswa berprestasi dan mahasiswa baru Kabupaten Kediri.

Acara penyaluran beasiswa yang digelar di masa pandemi Covid-19 ini, berlokasi di Kantor Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri yang berada di Kelurahan Burengan, Kota Kediri.

Total mahasiswa yang menghadiri penyerahan beasiswa secara simbolis hanya sebanyak 40 orang dari 142 mahasiswa yang mendapatkan beasiswa. Guna mengindari kerumunan dan peningkatan korban Covid-19, mahasiswa penerima beasiswa GNOTA yang lain menyaksikan penyaluran melalui video virtual.

Drs. Sujud Winarko, M.M selaku Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri menyampaikan bahwa, 142 mahasiswa penerima beasiswa GNOTA merupakan mehasiswa baru dan berprestasi. Adanya program beasiswa ini, diharapkan Sujud Winarko agar para mahasiswa di Kabupaten Kediri tidak ada yang di drop out (DO) karena terkendala masalah biaya pendidikan.

Baca Juga :  Kelurahan di Kota Kediri Siap Tampung Pemudik Yang Tak Bawa Hasil Rapid Antigen

Sujud Winarko menjelaskan bahwa, “Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri menyalurkan beasiswa melalui program GNOTA yang sudah dicanangkan oleh Bupati Kediri. Jangan sampai anak-anak kita tidak sekolah maupun kuliah karena biaya.” Ujarnya.

Adanya beasiswa GNOTA ini diharapkan agar memotivasi para pelajar untuk dapat melanjutkan studinya sampai dengan jenjang perguruan tinggi tanpa terkendala permasalahan biaya kuliah.

Selain para mahasiswa di Kbaupaten Kediri, Beasiswa ini juga diperuntutkan untuk pelajar yang ada pada jenjang Sekolah Dasar (SD), jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), jenhang Sekolah Menengah Atas (SMA) serta bagi pelajar SMA yang akan melanjutkan studinya ke perguruan tinggi.

Tidah hanya untuk para pelajar, Beasiswa GNOTA ini juga akan diberikan kepada para guru-guru berprestasi yang belum memiliki gelar Strata 1 (S1) untuk dapat melanjutkan studinya.

Pada gelaran acara tersebut, Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno berharap agar nantinya para mahasiswa dan pelajar di Kabupaten Kediri yang telah mendapatkan penyaluran program beasiswa GNOTA dapat memanfaatkan beasiswa dengan sebaik-baiknya.

Baca Juga :  'Gugatan Istri' Mendominasi Ribuan Kasus Perceraian di Kabupaten Kediri

“Jangan sampai setelah mendapatkan beasiswa tersebut, lalu keluar dari perguruan tinggi.” Ujar Bupati Kediri.

Bupati Kediri juga menyampaikan kepada para mahasiswa yang mendapatkan program beasiswa ini untuk tidak keluar dari perguruan tinggi setelah menerima beasiswa. Konsekuensinya apabila mahasiswa keluar dari perguruan tinggi sebelum waktunya, maka mahasiswa tersebut diwajibkan untuk mengembalikan semua dana beasiswa yang telah diberikan.

“Konsekuensinya ia harus mengembalikan, karena tidak sesuai dengan ketentuan dan ia tidak melanjutkan pendidikan. Kami berharap kejadian ini tidak terulang lagi,” Ucapnya.

Penyaluran program beasiswa GNOTA kepada para mahasiswa baru serta mahasiswa berprestasi ini nantinya, mahasiswa yang berprestasi akan menerima beasiswa sejumlah Rp. 4 juta, sedangkan unutk para mahasiswa baru akan mendapatkan beasiswa sejumlah Rp. 7 juta. (Adv)

Kanal Terkait