Untuk Atasi Banjir di Banyuwangi, Rosidi Zein : Jangan Hanya Proyek Yang Tidak Jelas Manfaatnya - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Untuk Atasi Banjir di Banyuwangi, Rosidi Zein : Jangan Hanya Proyek Yang Tidak Jelas Manfaatnya
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Untuk Atasi Banjir di Banyuwangi, Rosidi Zein : Jangan Hanya Proyek Yang Tidak Jelas Manfaatnya

SATUKANAL.com, BANYUWANGI Dari tahun lalu banjir di sejumlah titik perkotaan Banyuwangi belum juga teratasi, seperti yang terjadi di belakang kantor DPRD Banyuwangi, beberapa hari lalu, (3/2/2021). Dengan adanya banjir, Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Perumahan dan Permukiman akan membenahi saluran air yang ada dengan anggaran yang minim.

“Kita akan memperbaiki saluran air yang menjadi penyebab banjir, seperti saluran tersumbat sampah atau saluran yang terlalu kecil,” kata Danang Hartanto, Plt Kepala Dinas  Pekerjaan Umum Cipta Karya, Perumahan dan Pemukiman Kabupaten Banyuwangi, (8/2/2021).

Disebutkan Danang, jatah anggaran untuk infrastruktur perkotaan hanya 400 juta rupiah. Hal tersebut tergolong minim untuk membenahi infrastruktur. “Dengan anggaran terbatas Kita maksimalkan untuk membenahi saluran air di kota, di kecamatan kota sendiri hanya 400 juta rupiah untuk perbaikan serta pembangunan saluran,” sambungnya.

Baca Juga :  Gajah Oling, Motif Batik Banyuwangi Yang Dipercaya Dengan Unsur Magisnya

Dikonfirmasi terpisah, Rosidi Zein Selaku Direktur Forum Transparansi Publik (ForTrap) mengatakan dengan anggaran hanya 400 juta rupiah dirasa itu sangat kecil, seharusnya yang ideal minimal 10 miliar rupiah.

“Harusnya dibuat sodetan baru atau saluran baru yang besar untuk anggaran 400 juta rupiah itu ya kurang, kami melihat justru Dinas tidak peka terhadap problem itu terutama di musim hujan. Kami juga mendesak DPRD terkait untuk tangani problem di Banyuwangi. Harus ada prioritas pembangunan, jangan hanya proyek saja, yang tidak jelas manfaatnya, mengingat anggaran global yang besarnya 262 miliar rupiah itu harus dimanfaatkan dengan benar,” katanya.

Baca Juga :  TRC PPA Bersama GKLD Dan TRISULA 88 Bagikan Paket Sembako Kepada Warga Terdampak Puting Beliung 

Tak hanya itu, jika Dinas tidak juga peka terhadap situasi maka ForTrap akan segera mengirimkan somasi. Saat dikonfirmasi, Basuki Rahmat selaku Anggota DPRD Banyuwangi Komisi IV Pembangunan juga mengatakan agar tidak terjadi genangan maka melancarkan saluran dari hulu ke hilir serta analisis dulu apa penyebabnya.

“Prioritas kan dulu di titik Banjir, karena Dana 400 juta rupiah itu sendiri jika untuk perbaikan infrastruktur drainase tidak ada apa apanya, anggaran segitu kurang,” pungkasnya.

 

 

 

 

Pewarta: Abdul Konik
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait