Universitas Brawijaya Jadi Perguruan Tinggi Terbaik ke 4 Versi Webometrics - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Kasus Covid-19 Melonjak, Perkuliahan UB Kembali Daring
Universitas Brawijaya Malang (Satukanal.com)
BERITA Kanal Artikel

Universitas Brawijaya Jadi Perguruan Tinggi Terbaik ke 4 Versi Webometrics

Satukanal.com, Nasional – Universitas Brawijaya (UB) Malang menjadi perguruan tinggi terbaik ke 4 di Indonesia versi Webometrics (lembaga pemeringkatan internasional). Survey tersebut dirilis akhir Juli 2021.

Dilansir dari Kontan, Webometrics merupakan sistem yang memberikan penilaian terhadap seluruh universitas di dunia. Hingga saat ini semua perguruan tinggi di dunia termasuk di Indonesia terus berlomba agar masuk dalam pemeringkatan Webometrics.

Dalam survey akhir tahun ini posisi UB naik dibandingkan awal tahun yang berada di posisi kelima perguruan tinggi teratas di Indonesia.

Peringkat UB naik berdasarkan tiga indikator yaitu web content impact atau visibility, openness atau transparency, dan excellence atau scholar.

“Indikator content impact diukur berdasarkan jumlah backlink dari situs lain ke suatu halaman web suatu perguruan tinggi, dan indikator ini memiliki bobot 50 persen,” jelas Ketua Pusat Pemeringkatan UB, Adharul Mutaqin dikutip dari Kompas.

Baca Juga :  Sabet Silver Medal Ajang Internasional Berkat Biskuit Porang untuk Bumil

Ia menambahkan, untuk opennes sebagai indikator kedua dengan bobot 10 persen, diukur dari jumlah sitasi tertinggi penulis perguruan tinggi di Google Scholar. Sedangkan indikator yang terakhir, yaitu excellence, diukur berdasarkan jumlah karya ilmiah suatu perguruan tinggi. Jumlahnya harus berada pada 10 persen sitasi tertinggi untuk 27 topik atau disiplin ilmu pada Scimago.

Sebagai informasi, pada openess rank sendiri, jumlah sitasi 10 besar author di UB edisi juli ini mengalami peningkatan. Tercatat 200 penulis, memiliki sitasi terbanyak. Sementara pada impact rank UB berada pada peringkat ke sembilan dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia.

Baca Juga :  Hari Pertama, Kadisdik Langsung Tinjau PTM di 2 Sekolah

Menurutnya, tetap ada beberapa hal yang perlu diberi perhatian agar posisi UB tidak terlempar jauh. Salah satunya yakni UB harus mematuhi aturan Webometrics seperti yang saat ini dilakukan.

Kemudian, menjaga kevalidan akun dan memastikan aktivitas publikasi penelitian yang dilakukan terindeks di google scholar.

“Salah satu upaya untuk publikasi yaitu dengan terus mendorong ilmiah berkaitan topik-topik yang menarik. Sehingga, semakin banyak yang melakukan sitasi,” lanjut Adharul.

Rektor UB, Profesor Nuhfil Hanani juga mengungkapkan, pencapaian yang diraih kali ini membuktikan UB masih tetap produktif meskipun dilanda situasi yang tak mendukung di masa pandemi Covid-19 ini.

 

 

 

Pewarta: Yulsa Zenna
Editor: Ubaidhillah 

Kanal Terkait