SATUKANAL.COM
BERITA

Unit Resmob Polres Malang Kota Bekuk Gembong Spesialis Pencuri Mobil Lintas Kota

Gembong pelaku pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) lintas kota yang banyak meresahkan masyarakat, kembali berhasil dibekuk unit Resmob Polres Malang Kota.

Para pelaku yakni, Junaedi (38) warga Propoh, Kabupaten Pamekasan, Abdul Rahim (32) warga Desa Pakong, Kecamatan Pakong, Kabupaten Sidoarjo, Lukman alias Tinggal (45) warga Desa Banyu Buluh, Kecamatan Propoh, Kabupaten Pamekasan, Giman Efendi (30) warga Desa Propoh, Kecamatan Propoh, Kabupaten Pamekasan dan Agus Efendi (37) warga Desa Jambi Harjo, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang.

Mereka berhasil ditangkap petugas setelah beraksi melakukan pencurian mobil pickup milik Heru Musadan (47), warga Klatak Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi pada 18 Februari 2019 dini hari yang diparkiran di depan Ruko Jl Kedawung No 45, Kelurahan Tulusrejo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.

Aksi mereka diawali dari korban yang saat itu sengaja meninggalkan mobilnya di parkiran untuk melihat proyek yang sedang ia kerjakan. Saat itu ia parkir mulai tanggal 17 Februari 2019. Dan pada 18 Februari 2019, sekitar pukul 04.00 WIB, mobil korban diketahui sudah lenyap dari parkiran semula.

Baca Juga :  Kerjasama WCC Dian Mutiara dan Kelurahan Gadingkasri dalam Penyuluhan Penanganan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak

Dari situ, kemudian korban lantas segera melaporkan kejadian tersebut. Petugas lantas segera melakukan penyelidikan dengan melihat CCTV yang berada di sekitar lokasi. Dari tayangan CCTV, polisi melihat sebuah mobil yang dicurigai merupakan mobil dari pelaku.

Dari situ, kemudian petugas mengidentifikasi 
pemilik mobil tersebut. Sampai kemudian polisi berhasil mendapati mobil tersebut di kawasan Lawang, Kabupaten Malang. Dan setelah dipastikan mobil tersebut memang cocok dengan yang berada di dalam CCTV, petugas langsung saja menggrebeknya.

Di sana, akhirnya polisi menangkap para pelaku. Namun sebelum ditangkap, para pelaku sempat mencoba kabur dan melawan petugas, akibatnya petugas pun terpaksa menghadiahi para pelaku dengan timah panas.

Setelah itu, pelaku langsung saja segera dibawa ke mako untuk diperiksa lebih lanjut. Dari keterangan pelaku, mereka menampik jika telah melakukan pencurian. Namun mereka mengaku seringkali beraksi di kawasan Pasuruan, Sidoarjo dan Surabaya.

Baca Juga :  Kerjasama WCC Dian Mutiara dan Kelurahan Gadingkasri dalam Penyuluhan Penanganan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak

“Mereka ini memang spesialis pencuri mobil antar kota. Pengakuan pelaku sudah 11 TKP di Surabaya. Sementara untuk TKP lainnya Pasuruan, Sidoarjo dan juga Kota Batu,” beber Kasat Reskrim Polres Malang Kota, AKP Komang Yogi Arya Wiguna melalui Kanit Resmob, Iptu Sugeng Irianto (3/2/2019).

Modus yang digunakan pelaku, yakni dengan cara merusak pintu mobil dengan kunci T. Setelah itu, kemudian pelaku merusak kabel kontak dan menyambungkannya sehingga mobil bisa distarter. Dari tangan pelaku, BB yang diamankan yakni 11 kunci T, sebuah mobik berjenis Avanza, lima pemantik starter.

“Ada dua tersangka kami limpahkan ke Polrestabes Surabaya, dan tiga tersangka ke Polres Sidoarjo. Karena mereka banyak beraksi di sana,” pungkasnya.

Kanal Terkait