Unik! Mengaku Sebagai Polisi Jadi Modus Tersangka Untuk Curi Motor - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Unik! Mengaku Sebagai Polisi Jadi Modus Tersangka Untuk Curi Motor

Satuchannel.com, Kota Malang – Hasan Bisri (40), pria pengangguran ini berhasil mencuri sepeda motor dari berbagai Tempat Kejadian Perkara (TKP) di Kota Malang. Modusnya pun unik, karena tersangka menyamar sebagai polisi dengan modal kartu pengenal, pistol mainan dan berperawakan tegak layaknya seorang polisi.

Dalam setiap aksinya, Hasan selalu mengaku sebagai anggota polisi kepada setiap korbannya dengan membawa pistol dan tanda pengenal agar lebih meyakinkan. Tak hanya sampai disitu, untuk lebih meyakinkan para korbannya, tersangka selalu memberi nomer handphone miliknya kepada korban agar benar dianggap sebagai aparat polisi.

Lewat keterangan Kapolsek Sukun, Kompol Anang Tri Hananta menjelaskan, selain mengaku sebagai aparat, tersangka juga kerap berpura-pura meminjam sepeda motor korbannya dengan berbagai alasan.

Motor hasil Sitaan dari polisi Gadungan di Polsek Sukun (Istimewa)

Untuk mengelabui para korban, tersangka memberikan jaminan kunci mobil palsu yang dibelinya seharga 5 ribu. Setelah itu ia menunjuk mobil orang lain yang terparkir dan mengaku sebagai mobil miliknya .

“Korbannya rata-rata adalah pedagang kaki lima, seperti yang pernah terjadi di depan Samsat Kota Malang. Selain itu ia juga pernah melakukan aksinya kepada penjual kopiah di depan Polsek Sukun,” beber Anang, sabtu (29/7).

Ia menambahkan, tersangka mengaku telah melakukan aksinya sejak 2016 lalu di berbagai TKP. Sampai saat ini, korban yang melapor juga sudah banyak.

“Tersangka selalu mengaku sebagai polisi untuk mengelabui para targetnya. Sejak 2016, ia memakai modus yang sama dengan mengaku sebagai polisi dan pura-pura pinjam sepeda motor. Sampai saat ini, kasus Hasan masih terus dikembangkan, karena ditakutkan menyebar ke luar Malang,” terangnya.

Perlu diketahui, Hasan mencetak kartu pengenal polisi itu di percetakan sekitar perempatan BCA Basuki Rahmat. Saat datang ke percetakan pun, tersangka membawa pistol sehingga tempat percetakannya percaya dan tertipu oleh ulah Hasan. (GUM)

Kanal Terkait