UMKM Mendominasi Angkutan Barang KA Logistik - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
UMKM Mendominasi Angkutan Barang KA Logistik
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

UMKM Mendominasi Angkutan Barang KA Logistik

SATUKANAL.com, KEDIRI – Jasa pengiriman barang di Kereta Api (KA) Logistik Daerah Operasi (DAOP) 7 Madiun PT Kereta Api Indonesia (KAI), mengalami kenaikan volume di masa pandemi covid-19.

Berbagai angkutan Logistik barang umum dan komoditas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dilakukan pelayanan tersebut guna antisipasi interaksi secara langsung penyebaran virus covid-19. Wilayah Daop 7 Madiun meliputi Kertosono, Nganjuk, Jombang, Kediri, Tulungagung, dan Blitar.

“Banyak komoditas yang diangkut dari Blitar ke Madiun. Banyak angkutan dari Blitar didominasi seperti ikan koi dan telur,” kata Manager Humas KAI Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko, Rabu (30/12/2020).

Baca Juga :  Umat Tionghoa Kediri Siapkan Perayaan Tahun Baru 2572 Imlek, di Masa Pandemi

Selain itu, untuk Stasiun Nganjuk dan Kertosono banyak didominasi produk tahu susu. Sedangkan Stasiun Madiun lebih ke dominasi telur dan batang umum seperti sepeda motor.

“Kediri paling banyak kemarin adalah tahu susu. Kalau angkutan barang jumlahnya semakin lama semakin meningkat. Disini juga ada anak perusahan PT KAI yang mengelola KA Logistik,” ucapnya.

Ixfan juga melakukan pemantauan terakhir peningkatan barang tertanggal 27 Desember 2020, seiring arus balik Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021. Pihaknya Daop 7 Madiun membuka beberapa retail Real Express di Madiun, Kertosono Nganjuk, Jombang, Kediri, Tulungagung, dan Blitar.

Baca Juga :  6 Hal Yang Perlu Diketahui Soal Kebijakan Cuti Bersama di Tahun 2021

Dijelaskan, real expres ditujukan untuk dua segmen konsumen yakni ‘B To B’ dan ‘B To C’. Untuk segmen ‘B To B’, pihaknya menyasar untuk ke business ke business. Sedangkan untuk ‘B To C’, ditujukan untuk segmen business ke Consumer.

“Untuk satu gerbong Kereta, mampu menampung barang seberat 20 Ton. Dalam satu rangkaian kereta api sebanyak 8 gerbong dalam satu kali pemberangkatan,” pungkasnya.

Pewarta: Anis Firmansah
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait