UMK Kota Mojokerto diusulkan Naik 1,7 Persen - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
71DF3F95-E5C6-45D5-AA73-D14E8A87AE6E-ec538aaa
Sidang Pleno Dewan Pengupahan Kota Mojokerto di bertempat di ruang rapat Dinas Tenaga Kerja Kota Mojokerto.
BERITA Kanal Straight

UMK Kota Mojokerto diusulkan Naik 1,7 Persen

Satukanal.com, Mojokerto – Upah Minimum Kota (UMK) Kota Mojokerto 2022 diusulkan naik 1,7 persen, dari Rp 2.481.302,97 menjadi  Rp 2.510.452,36.

Kesepakatan usulan UMK itu keluar setelah digelarnya Sidang Pleno Dewan Pengupahan Kota Mojokerto  di bertempat di ruang rapat Dinas Tenaga Kerja Kota Mojokerto, Jum’at (19/11/2021). 

“Dari hasil sidang pleno dengan Dewan Pengupahan, UMK Kota Mojokerto diusulakan naik. Tapi ini belum final, kita sampaikan kepada Walikota sebagai bahan rekomendasi kepada Gubernur Jawa Timur,” kata Plt Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu & Tenaga Kerja Kota Mojokerto, Heryana Dodik Murtono. 

Menurut Dodik, kesepakatan bersama tersebut sebelumnya telah mempertimbangkan sejumlah aspek, sesuai dengan penetapan upah minimum mengacu pada PP No. 36 tahun 2021 tentang Pengupahan dimana merupakan turunan dari UU No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Di mana, ada penyesuaian nilai upah minimum yang ditetapkan pada rentang nilai tertentu, di antara batas atas dan batas bawah upah minimum.

“Batas upah minimum merupakan acuan nilai upah minimum tertinggi yang dapat ditetapkan dan dihitung dengan menggunakan formula rata-rata konsumsi per kapita dikurangi rata-rata banyaknya anggota rumah tangga (ART) dibagi rata-rata banyaknya ART bekerja pada setiap rumah tangga,” jelas Dodik. 

Sementara, Ketua Serikat Pekerja Tingkat Perusahaan (SPTP) Akhmad Sodiq berharap, agar tidak ada perubahan dalam usulan kenaikan UMK tersebut. 

“Berkaitan dengan pembahasan yang sudah disepakati, agar tidak ada perubahan, khususnya bagi dewan pengupahan agar tidak merasa lebih penting dari kita rekan-rekan buruh,” ujarnya. 

 

Baca Juga :  Kronologi Kecelakaan Vanessa Angel di Tol Jomo

 

Pewarta : Hermansyah

Editor : Adinda

    Kanal Terkait