Ujian Teori Dari Rumah, Aplikasi SIM Presisi Hadir Mudahkan Warga Malang - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Ujian Teori Dari Rumah, Aplikasi SIM Presisi Hadir Mudahkan Warga Malang

SATUKANAL.com, MALANG– Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Malang telah melaunching aplikasi SIM Presisi pada Senin (03/03/2021). Inovasi ini diciptakan oleh Polres Malang untuk mempermudah pelayanan publik terutama terkait pembuatan Surat Ijin Mengemudi (SIM).

Hendri Umar selaku AKBP Polres Malang yang hadir dalam peresmian aplikasi tersebut mengungkapkan bahwa aplikasi SIM Presisi akan memudahkan masyarakat saat membuat SIM, apalagi aplikasi berbasis Android.

“Aplikasi ini merupakan inovasi terbaru dari Satlantas Polres Malang dalam mempermudah pelayanan publik. Kabupaten Malang sendiri jika dilihat punya wilayah yang luas, sehingga jika hendak mengurus SIM maka masyarakat harus datang ke Singosari,” ungkapnya.

Baca Juga :  Berkekuatan 6,1 Magnitudo, Gempa Malang Masuk Zona Benioff

Hendri juga mengatakan, salah satu alasan kesulitan masyarakat dalam mengurus SIM tak lain karena wilayah Kabupaten Malang yang luas. “Coba dibayangkan, jika ada masyarakat yang ada dari Ampelgading ke Singosari itu kan terlalu jauh, jadi perlu waktu sekitar 2 jam. Apalagi kalau ke sini tap masih antri lagi,” tuturnya.

Lebih lanjut, ia berharap dengan adanya aplikasi SIM Presisi tersebut masyarakat yang ingin membuat SIM dapat melakukan ujian teori di rumah. Kemudian, bisa menentukan jadwal sendiri untuk melakukan ujian praktek di Polantas Singosari.

Menurut Hendri, aplikasi SIM Presisi dilengkapi dengan 2000 bank soal. “Pemohon bisa akan diberi sebanyak 30 soal secara acak selama 15 menit untuk dikerjakan. Setelah itu jika lulus bisa datang ke sini untuk ujian praktek dengan jadwal yang sudah ditentukan sendiri,” tambahnya.

Baca Juga :  Diduga Depresi, Masalah Uang Jadi Pemicu Anak Bunuh Bapak di Malang

Tak hanya itu, pembuatan aplikasi SIM Presisi juga bertujuan untuk memutus rantai para calo yang merugikan pemohon SIM dari segi biaya. Harapannya, pemohon SIM dapat ebih meningkat dari sebelumnya.

“Adanya aplikasi SIM Presisi ini diharapkan sehari bisa mencapai 50 orang pemohon tidak seperti sebelumnya yang hanya 30 pemohon,” tambahnya.

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait