Uji Coba Pembukaan Pariwisata Milik Pemkab Kediri, Termasuk Gunung Kelud dan Besuki - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Uji Coba Pembukaan Pariwisata Milik Pemkab Kediri, Termasuk Gunung Kelud dan Besuki
STRAIGHT NEWS

Uji Coba Pembukaan Pariwisata Milik Pemkab Kediri, Termasuk Gunung Kelud dan Besuki

Satukanal.com, KediriPemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri, hendak melakukan uji coba pembukaan 3 pariwisata milik daerah yang akan dilakukan pada 10 April 2021 mendatang. Ketiga pariwisata tersebut yakni, Gunung Kelud, Sumber Podang, dan Air terjun Irenggolo Besuki.

Sekertaris Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Kediri Slamet Turmudi, mengungkapkan wacana uji coba ini menjadi acuan pariwisata dibuka secara permanen (tetap). Andaikan uji coba ini berhasil, Pihaknya akan meminta seluruh pihak yang terlibat mematuhi segala peraturan terbaru perihal protokol Covid-19.

“Kalau wacana uji coba sukses, kami buka semua. Juga minta bantuan semua yang terlibat untuk mematuhi aturan seperti pengunjung, petugas, Pedagang Kaki Lima (PKL), semua bisa buka kembali,” ungkap Slamet, saat dikonfirmasi Satukanal.com, Jumat 9 April 2021.

Baca Juga :  Aksi Konyol ODGJ, Tiga Korban Tewas Tersengat Listrik di Kabupaten Kediri

Berbagai aturan protokol kesehatan yang direncanakan akan diterapkan, mulai Sarana Prasarana (Sarpras) cuci tangan, Handsanitizer, masker. Hingga pembentukan Satgas Khusus pariwisata berseragam khusus untuk memberikan edukasi dan sosialisasi berwisata dimasa pandemi.

Menurutnya, meskipun di wilayah Kabupaten Kediri berada di zona oranye, bisa saja membuka kebijakan pariwisata. Seperti beberapa wilayah di Jawa Timur (Jatim) seluruhnya sudah membuka pariwisata kecuali Kabupaten dan Kota Kediri.

“Tidak ada ketentuan di zona apapun. Kebijakan kita di zona oranye, ternyata dibandingkan daerah lain sudah buka seperti Tulungagung dan Blitar,” tegasnya.

Baca Juga :  Kalah Lawan Persebaya, Joko Susilo Soroti Mental Pemain Persik Kediri

Sementara itu, Gatot Siswanto selaku Ketua Umum UMKM Kelud Mandiri Kabupaten Kediri menyambut baik adanya kebijakan ini.

“Tentu kita menyambut gembira adanya kebijakan ini. Pelaku usaha UMKM pasti akan senang. Terlebih saat ini kita akan menyambut bulan Ramadhan dan hari Raya Idul Fitri,” jelasnya.

Ia berharap tak hanya wisata di Gunung Kelud yang dibuka melainkan, Simpang Lima Gumul Kabupaten Kediri.

“Tempat SLG (Simpang Lima Gumul) ini sudah jadi ikon nasional, kalau bisa nanti juga dibuka. Karena SLG ini punya daya tarik wisata yang besar juga,” ungkap Gatot Siswanto.

 

 

 

Pewarta : Anis Firmansah
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait