UGM Raih Penghargaan Peringkat Pertama Permohonan Paten Universitas Tertinggi di Indonesia | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
UGM Raih Penghargaan Peringkat Pertama Permohonan Paten Universitas Tertinggi di Indonesia
UGM Raih Penghargaan Peringkat Pertama Permohonan Paten Universitas Tertinggi di Indonesia
BERITA

UGM Raih Penghargaan Peringkat Pertama Permohonan Paten Universitas Tertinggi di Indonesia

Satukanal.com, YogyakartaUniversitas Gadjah Mada (UGM) pada Kamis, (05/11/2020) lalu di Jakarta. Menerima Penghargaan Peringkat Pertama Permohonan Paten Tertinggi Tahun 2019 Kategori Universitas dari Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Pencapaian yang diraih UGM tersebut menunjukkan kerja keras yang dilakukan dari para peneliti baik di fakultas maupun universitas, dalam menciptakan suatu inovasi-inovasi yang dapat dipergunakan sebagai solusi atas persoalan-persoalan yang terjadi di Indonesia.

Sekretaris Direktorat Penelitian UGM, Dr. Mirwan Ushada, STP., M.App.Life.Sc., menyampaikan ucapan syukur atas penghargaan yang berhasil diraih UGM, “Bersyukur atas raihan ini dan terima kasih kepada seluruh sivitas akademika UGM yang telah bekerja keras, berinovasi dan mengajukan paten,” terangnya.

Perolehan penghargaan tersebut didasarkan pada dukungan unit-unit kerja di UGM dalam memfasilitasi penelitian, pengembangan usaha dan jejaring. Prestasi yang didapat juga merupakan hasil sinergi dari para peneliti dengan dukungan sejumlah unit kerja di UGM seperti Direktorat Pengembangan Usaha dan Inkubasi, Direktorat Kerja Sama dan Urusan Internasional, Direktorat Keuangan, Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi, Direktorat Penelitian, Direktorat Pengabdian Kepada Masyarakat, Direktorat SDM, Direktorat Kemahasiswaan, Pusat Inovasi Agro Teknologi, Laboratorium Penelitian dan Pengujian Terpadu, fakultas, sekolah, dan pusat studi.

Baca Juga :  Perguruan Tinggi Indonesia Dengan Jurusan Ilmu Sosial Terbaik Berdasarkan THE WUR 2021

Atas diraihnya penghargaan ini, diharapkan UGM dapt terus berinovasi dengan menyumbangkan berbagai riset yang nantinya akan memberikan manfaat secara luas, yang mana manfaat tersebut tidak hanya dirasakan di dunia akademik, tetapi juga bagi masyarakat lainnya.

Kepala Subdirektorat HKI dan Riset Industri Direktorat Penelitian UGM, Dr. Adhy Kurniawan, S.T., menambahkan bahwa pengajuan paten di UGM menunjukan adanya peningkatan selama tiga tahun terakhir. Sementara untuk mempertahankan tren tersebut, harus diupayakan untuk terus melakukan penelitian dan riset. Selain itu, juga terus mengadakan kegiatan-kegiatan seperti sosialiasi untuk meningkatkan antusiasme peneliti-peneliti UGM mendaftarkan paten hasil risetnya.

Baca Juga :  Penganugerahan Perguruan Tinggi Terinovatif 2020 Versi kemenristek-BRIN

Kepala Seksi Hak Kekayaan Intelektual Direktorat Penelitian UGM, Sri Mulyani, S.Sos. mengatakan pada acara penganugerahan Kemenkumham tersebut, UGM tidak hanya mendapatkan penghargaan sebagai permohonan paten tertinggi kategori universitas. Namun, UGM juga berhasil mencatatkan prestasi dengan meraih peringkat dua sebagai Permohonan Pencatatan Hak Cipta Tertinggi Kategori Perguruan Tinggi.

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait