UB Jadi PTN Paling Banyak Terima Mahasiswa SBMPTN - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
UB Jadi PTN Paling Banyak Terima Mahasiswa SBMPTN
ilustrasi SBMPTN UB (Foto: Satukanal.com)
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

UB Jadi PTN Paling Banyak Terima Mahasiswa SBMPTN

Satukanal.com, Malang – Pengumuman hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) resmi diumumkan hari ini (14/6/2021). Berdasarkan laporan dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Universitas Brawijaya (UB) Malang menjadi perguruan tinggi negeri paling banyak menerima mahasiswa dari jalur ini. Tidak tanggung-tanggung total mahasiswa Brawijaya melalui jalur ini sebanyak 6.033 mahasiswa.

Kepala Bagian (Kabag) Akademik UB Hery Prawoto mengungkapkan, total mahasiswa yang diterima tersebut merupakan kalkulasi dari kuota 40 persen dari jatah kursi SBMPTN UB. “Paling banyak 1 prodi menerima sampai 300 an mahasiswa,” ujar Hery.

Jumlah tersebut dapat dikatakan sedikit bengkak dari kuota yang disiapkan. Beberapa waktu lalu Hery sempat mengungkapkan kuota yang disiapkan UB sebanyak 6.007 kursi. Namun banyaknya peminat menjadi alasan bertambahnya jumlah mahasiswa yang diterima.

Baca Juga :  JIAD Jombang Kutuk Keras Pembakaran Masjid Ahmadiyyah di Sintang Kalimantan Barat

Dia juga mengungkapkan prodi Agroteknologi dari Fakultas Pertanian menjadi prodi dengan penerima siswa SBMPTN terbanyak. Jurusan itu memang menjadi favorit sejak lama, tidak heran jika banyak peminatnya.

Data akademik UB mencatat, tahun lalu program studi (prodi) dengan peminat terbanyak yakni Prodi Ilmu Hukum dengan total peminat mencapai 2.992 calon mahasiswa. Bidang Sosial Humaniora (Soshum) memang mencetak angka peminat terbanyak dibandingkan dengan prodi dari bidang Sains dan Teknologi (Saintek).

Untuk prodi bidang Saintek, jurusan Teknik Informatika dari Fakultas Ilmu Komputer (Filkom) menjadi prodi dengan peminat terbanyak yakni 1.968 calon mahasiswa. Sedangkan calon mahasiswa yang diterima pada tahun 2020 hanya 99 mahasiswa baru saja.

Baca Juga :  Nenek Pensiunan ASN di Kediri Jadi Korban Penipuan, Jutaan Rupiah Raib

Informatika dari Fakultas Ilmu Komputer (Filkom) menjadi prodi dengan peminat terbanyak yakni 1.968 calon mahasiswa. Sedangkan calon mahasiswa yang diterima pada tahun 2020 hanya 99 mahasiswa baru saja.

Sebelumnya, UB sempat pecah rekor untuk pendaftaran melalui jalur SNMPTN. Tidak tanggung-tanggung UB bahkan menduduki posisi kedua dari seluruh perguruan tinggi negeri di Indonesia.

Dari keterangan Hery sebanyak 41.977 siswa dari jenjang SMA dan SMK mendaftar di kampus favorit di Kota Malang tersebut. Kenaikan yang cukup drastis dibandingkan tahun lalu yang berada pada angka 30.932 pendaftar.

 

 

Pewarta : Chosa Setya Ayu Widodo
Editor : Redaksi Satukanal

    Kanal Terkait