SATUKANAL.COM
UB dan UM
Gedung Rektorat UM dan Gedung Rektorat UB
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

UB dan UM Masuk Klaster 1 Nasional

SATUKANAL, MALANG – Dua Perguruan Tinggi di Kota Malang, Universitas Brawijaya (UB) dan Universitas Negeri Malang (UM) masuk dalam Klaster 1 berdasarkan hasil klasterisasi yang dikeluarkan oleh Direktorat Jederal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada tahun 2020 ini. UB berada di urutan 8 dengan skor 3.161 sedangkan UM berada diurutan 15 dengan skor 2.747.

Hasil yang diperoleh oleh dua Perguruan Tinggi tersebut pada tahun 2020 ini merupakan peningkatan jika dibandingkan dengan hasil klasterisasi pada tahun 2019. Pada Tahun 2019, Universitas Brawijaya berada pada peringkat ke 9 pada Klaster 1 dengan Skor 2.948, sementara UM berada di Klaster 2.

Baca Juga :  Lawan KDRT, WCC Dian Mutiara Gelar Kampanye Sekolah Paralegal di Masa Pandemi COVID-19

Klasterisasi Perguruan Tinggi yang dilakukan oleh Dirjen Dikti ini merupakan hasil analisis terhadap data-data dari 2.136 perguruan tinggi yang tersedia. Klasterisasi perguruan tinggi tahun 2020 membagi perguruan tinggi menjadi lima klaster, dengan komposisi klaster 1 berjumlah 15 perguruan tinggi, klaster 2 berjumlah 34 perguruan tinggi, klaster 3 berjumlah 97 perguruan tinggi, klaster 4 berjumlah 400 perguruan tinggi, dan klaster 5 berjumlah 1.590 perguruan tinggi.

Penentuan klaster perguruan tinggi ini berdasarkan empat indikator yang digunakan untuk menilai kinerja perguruan tinggi, yakni mutu sumber daya manusia dan mahasiswa (input), pengelolaan kelembagaan perguruan tinggi (proses), capaian kinerja jangka pendek yang dicapai oleh perguruan tinggi (output), dan capaian kinerja jangka panjang perguruan tinggi (outcome).

Baca Juga :  Wujudkan Pembangunan Desa/Kelurahan yang Berkelanjutan, Pemerintah Kabupaten Madiun Gelar Webinar Bertajuk Responsif Gender

Kanal Terkait