Tutup Rakernas APEKSI 2017, Jokowi: Setiap Daerah Harus Punya Perbedaan - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Tutup Rakernas APEKSI 2017, Jokowi: Setiap Daerah Harus Punya Perbedaan

Satuchannel.com, Kota Malang – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo siang hari ini resmi menutup Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XII Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) 2017 yang berada di Hotel Savana Jalan Letjen Sutoyo, Kota Malang, Kamis (20/7). Presiden beserta rombongan hadir di Savana Hotel sekitar pukul 14.30 WIB, setelah sebelumnya mendarat di Bandara Abdurahan Saleh Malang.

Saat sambutan penutupan Rakernas Apeksi 2017 ini, Presiden mengingatkan pada seluruh wali kota yang hadir bila pembangunan di setiap haruslah berbeda. Ia berharap, daerah mampu menggali pontensi lokalnya masing-masing. Baik dalam bidang ekonomi, budaya maupun infrastuktur.

“Setiap daerah harus punya perbedaan. Balikpapan dengan Ambon harus beda. Potensi harus digali. Setiap kota lah yang merancang dan menyiapkan. Kota mau jadi apa? Harus ditata betul,” tuturnya.

Presiden Jokowi berfoto dengan anggota APEKSI (Iqbal)

Jokowi mencontohkan, bahwa perbedaan itu bisa dilihat di California, Amerika Serikat. Ia menceritakan bila di California semua orang di kota tersebut fokus untuk mengembangkan bisnis olahraga Golf. Ia juga menceritakan bila golf bisa menjadi budaya, hingga para pejabatnya suka main golf.

“Ini jadi ciri khas kota, sehingga seluruh pejabat di sana main golf. Daerah kita sebenarnya memiliki kemampuan ke sana, tapi tidak pernah dirancang karena terjebak rutinitas linier. Misal di north carolina ada kita high points hanya ngurusin satu, mebel. Fokus di sana dan gak ada yang lain. Setiap tahun pameran mebel terbesar di dunia di sana,” tuturnya.

Jokowi berharap agar setiap daerah dapat mencontoh hal tersebut untuk memajukan kotanya. Bahkan dengan behgitu, kota kota kita dapat dikenal dalam kancah Internasional.

“Kenapa kita tidak bisa seperti ini? Misal di Ambon, fokus ikan, orang seluruh dunia kalau bicara ikan harus ingat Ambon,” pungkas pria yang juga pernah menjabat sebagai Wali Kota Solo selama dua periode ini. (Iqbal)

Kanal Terkait