Tuntut Freeport Ditutup, Aliansi Mahasiswa Papua Gelar Aksi - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Tuntut Freeport Ditutup, Aliansi Mahasiswa Papua Gelar Aksi

Satuchannel.com, Kota Malang – Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) menggelar aksi demonstrasi di bundaran Balaikota Malang, hari ini Jum’at (7/4). Aksi ini dilakukan sejak pukul 09.00 pagi tadi, diikuti puluhan orang dari Aliansi Mahasiswa Papua dari Kota Malang dan Surabaya.

Meski tak menyebabkan kemacetan di jalan depan Gedung DPRD, aksi ini mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian.

Dalam tuntutannya massa menuntut ditutupnya tambang emas PT Frepoort dan hak penentuan nasibnya sendiri bagi Papua Barat.

Baca Juga :  Pembangunan Hunian Korban Gempa Sedang Diproses

“Aksi ini digelar sebagai bentuk protes terhadap penindasan dan pemiskinan yang massif oleh negara, militer, dan pemodal di tanah Papua.” ujar Kordinator Aksi, Yohannes Giyai.

Ia menambahkan terkait kontrak karya PT Freeport yang dilakukan pada 1967 rakyat Papua tidak dilibatkan. Padahal secara tahun Papua masuk ke Indonesia dua tahun setelah kontrak karya dilakukan, yakni pada tahun 1969.

Selain di Kota Malang, menurutnya hari ini serentak digelar di beberapa kota lainnya di Jawa, Bali, Sulawesi, dan di Jayapura sendiri.

Baca Juga :  Sambut HUT ke-107 Tahun Kota Malang, Perayaan Tetap Digelar Ditengah Pandemi

“Hari ini aksi kita di Jayapura, 10 orang ditangkap. Itu hanya karena menggelar aksi menyampaikan pendapat. Kita lihat bagaimana arogansinya militer dan negara.” tambah Pria yang disapa John ini. (Aris)

Kanal Terkait