Tuntut Dana BOS dan Blanko Ijazah, Ratusan Guru Madrasah Lakukan Aksi Demo di Kemenag Kabupaten Kediri | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Tuntut Dana BOS dan Blanko Ijazah, Ratusan Guru Madrasah Lakukan Aksi Demo di Kemenag Kabupaten Kediri
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Tuntut Dana BOS dan Blanko Ijazah, Ratusan Guru Madrasah Lakukan Aksi Demo di Kemenag Kabupaten Kediri

Satukanal.com, Kediri – Ratusan Guru dan Kepala Sekolah yang tergabung dalam Forum Komunikasi Madrasah (FKM) se-Kebupaten Kediri, melakukan aksi demo, di Depan Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Kediri, Kamis (5/11/2020).

Para peserta aksi menuntut permasalahan kekurangan 50 persen dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), dan blanko ijazah pada Sekolah Madrasah Swasta di Kabupaten Kediri. Aksi demo serentak dilakukan, karena sejak tujuh bulan hingga saat ini dana tersebut belum ada kepastian untuk diturunkan.

“Sehingga di madrasah swasta itu sudah mendapat tekanan-tekanan dan ketidak percayaan kebonafitan madrasah dari orang tua siswa. Karena anak mereka belum mendapatkan ijazah tersebut menjadi sebuah keresahan,” kata Humas Aksi, Nurul Fuad Assrofe kepada Satukanal.com, Kamis (5/11/2020).

Baca Juga :  KPU Gelar Simulasi Nasional Sirekap di Kediri

Ia mengungkapkan, ada kecurigaan perbedaan perlakuan antara Sekolah Madrasah Swasta dan Negeri. Disebutkan, untuk sekolah negeri ijazah sudah tercover. Dan kekurangan blanko ijazah mayoritas terjadi di Sekolah Madrasah Swasta.

Di tengah aksi masa, delapan perwakilan peserta aksi bertemu dengan anggota Kementrian Agama Kabupaten Kediri.

Enim hartono, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Kabupaten Kediri mengungkapkan, untuk tuntutan para peserta aksi sudah dipastikan bisa dikabulkan.

Menurutnya, aksi demo dinilai sangat wajar. Karena, dana BOS menjadi sumber anggaran utama untuk Sekolah Madrasah Swasta.

Baca Juga :  Dinas Perdagangan Upayakan Promosi dan Inovasi Produk, bagi IKM di Kabupaten Kediri

Ia juga menjelaskan, dalam tuntutan tersebut ada terjadi kesalah pahaman untuk pemerataan sosialisasi, kepada seluruh sekolah madrasah di Kabupaten Kediri.

Disebutkan, total jumlah untuk keseluruhan Lembaga Sekolah Madrasah di Kabupaten Kediri sebanyak 657 lembaga. Yang didalamnya ada sebanyak 5888 siswa, serta sebanyak 5888 guru swasta dan sebanyak 70776 guru negeri.

“Kondisi itu dengan geografis wilayah kabupaten Kediri sangat luas, tentu kita harus kerja keras untuk menyampaikan. Sehingga mohon maaf kalau ada yang belum tersosialisasikan. Itu semata-mata ialah kekuatan wilayah kita sosialisasi,” pungkasnya.

Pewarta : Anis Firmansah
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait