Tunggu Izin dari Kemenpan RB, MPP Kabupaten Malang Belum Dioperasikan Sepenuhnya - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Tunggu Izin dari Kemenpan RB, MPP Kabupaten Malang Belum Dioperasikan Sepenuhnya
Foto" Kominfo Kab. Malang
STRAIGHT NEWS

Tunggu Izin dari Kemenpan RB, MPP Kabupaten Malang Belum Dioperasikan Sepenuhnya

SATUKANAL.com, MALANG– Pengoperasian Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Malang masih menunggu izin dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Meski begitu, layanan yang berada di kompleks pendapa panji Kabupaten Malang itu mulai diuji coba.

“Kami sudah siap, tapi Menpan RB yang berhhak memberikan izin,” ujar Sanusi, Bupati Malang (29/03/2021).

Mal Pelayanan Publik (MPP) merupakan janji program 100 hari kerja Sanusi setelah menang Pilkada 2020. Menurut Sanusi, Pemkab Malang hanya tinggal melaksnakan instruksi dari kemenpan RB. “Jika besok ada izin untuk diresmikan, maka akan kami resmikan,” ungkap Sanusi.

Sebelumnya, MPP Pemkab Malang sempat menuai pujian dari pemerintah pusat saat Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB) Prof Dr Diah Natalisha MBA melakukan tinjauan langsung ke lokasi pada Jumat, (26/03/2021).

Baca Juga :  Pemkab Malang Siapkan 10 Persen PAD untuk Sektor Keagamaan

Diah Natalisha menyatakan, sejak 2017 sudah terdaftar sebanyak 37 MPP yang tersebar di seluruh Jawa Timur. Di Jatim sendiri ada lima dan selanjutnya akan diresmikan empat MPP baru yang berada di Magetan, Gresik, Pasuruan serta Mojokerto.

Lebih lanjut,  ia menekankan bahwa fungsi MPP ini nanti adalah sebagai tempat berlangsungya kegiatan atau aktivitas penyelenggaraan pelayanan publik. Fungsi pelayanan dilakukan secara terpadu baik pusat maupun daerah.

Selain itu, MPP juga berfungsi untuk memberikan kemudahan usaha, memudahkan perizinan serta meningkatkan kepercayaan masyarakat kabupaten kepada pemerintah. “Kami juga berharap agar investasi semakin meningkat yang nantinya juga berimbas pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Senada dengan pernyataan Diah natalisha, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Malang Subur Hutagalung menjelaskan, keberadaan layanan ini juga meberikan kemudahan pada masyarakat.

Baca Juga :  Capai 72 Ribu Ton, Stok Beras Kabupaten Malang Aman Hingga Lebaran

Pihaknya bakal, kata Subur, bakal melakukan disksi lanjutann dari hasil evaluasi deputi kementerian PANRB. “Untuk kekurangannya apa, maka nanti itu yang dijadikan bahan evaluasi,” ujar Subur. Pihaknya juga akan menyiapkan sarana dan prasarana, kelembagaan serta persiapan SDM yang sesuai.

Sementara itu, Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto menuturkan, jika dinas terkait akan melakukan konsultasi dengan Kemenpan R untuk memenuhi berbagai kekurangan. “Kami akan siapkan 6 sampai 10 bulan nanti,” ujarnya.

Sebenarnya, segala sarana kebutuhan di MPP dirasa telah tersedia. Bangunan MPP juga telah siap untuk pelayanan masyarakat. Tulisan Mal Pelayanan Publik telah terpampang di bangunan eks rumah dinas Bupati Malang itu. ”Hanya tinggal menunggu peresmiaan secara resminya,” ungkap Didik.

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait