SATUKANAL.COM
PKK Kota Kediri
Foto : Kegiatan Mentoring Parenting Yang Diadakan TP PKK Kota Kediri
BERITA COVID-19 HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Tumbuhkan Semangat Orang Tua di Masa Pembelajaran Daring, PKK Kota Kediri Gelar Mentoring Parenting

SATUKANAL, KEDIRI – Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga – PKK, Kota Kediri memberikan edukasi kepada para orang tua yang memilki anak yang melakukan sekolah daring di rumah.

Edukasi orang tua yang diadakan TP PKK Kota Kediri dilakukan secara daring yang diikuti setidaknya 50 peserta.

Ketua TP Ketua TP PKK Kota Kediri mengatakan, acara webinar sengaja diadakan untuk menumbuhkan kembali semangat para orang tua yang mendampingi anak dalam pembelajaran jarak jauh selama pandemi Covid-19 ini.

“Kita saja capek apalagi anak-anak, kadang malah suka ke bolak-balik gitu. Kita sudah capek dan tidak mikirin anaknya, sehingga acara tadi bener-bener membuka wacana kita bahwa sebagai orang tua itu memang harus banyak koreksi diri, harus banyak ngaca gitu ibaratnya, dalam mendampingi anak-anak kita. karena kita juga tidak tahu sampai kapan momen daring ini akan berlangsung, dan pengennya kegiatan seperti ini kalau bisa dimasifkan biar seluruh kelurahan bisa menikmati apa yang disampaikan,” jelasnya.

Baca Juga :  PPP Akhirnya Rekom Anak Pramono

Istri dari Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar tersebut juga menitipkan pesan kepada para orang tua  agar selalu kreatif.

“Orang tua harus mengubah cara pandang karena orang tua sering juga keliru memposisikan anaknya. Lalu yang ketiga, orang tua tidak boleh menetapkan target yang tinggi kepada anak-anaknya,” katanya.

“Yang terlalu tinggi yang sifatnya sangat-sangat akademis ternyata itu malah justru keliru. Nah itu kita jadi tahu dan segera koreksi diri ya, sehingga tercipta anak-anak kreatif, anak-anak yang memiliki tumbuh kembang baik, bahagia, karena anak berkualitas itu ternyata memang benar-benar dimulai dari rumah bukan dari mana-mana,” terusnya.

Sementara itu, Dwina Pramita pemateri dalam kegiatan PKK tersebut juga berpesan kepada orang tua agar selalu berhati-hati dalam berucap dan berujar di depan anak, jangan sampai anak merasa beban dan selalu ciptakan lingkungan keluarga yang menyenangkan.

Baca Juga :  Pemkot Kediri Raih Opini WTP Enam Tahun Berturut-turut

“Mari kita tumbuhkan kesadaran, yang paling penting dalam pengasuhan anak adalah momen dewasa yang bersedia untuk belajar. Jadi bukan anak-anak yang harus mengerti kita, tapi orang tua yang harus banyak belajar. Karena tidak mungkin pengasuhan berjalan dengan baik tanpa ilmu. Maka dari itu perlu adanya ilmu, pengetahuan, dan teman seperjalanan yang menyenangkan. Dan semoga PKK Kota Kediri bisa menjadi teman seperjalanan bagi orang tua sehingga bisa membuat rumah-rumah di Kota Kediri ini minim stres karena dari rumah yang bahagia dan minim stres nanti akan tumbuh orang-orang menyenangkan dan orang-orang yang kreatif,” pungkasnya.

Pewarta: Anis Firmansah
Editor: Redaksi Satukanal

    Kanal Terkait