Tujuh Tata Cara Mencuci Baju untuk Kamu yang Isoman - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Tujuh Tata Cara Mencuci Baju untuk Kamu yang Isoman
Ilustrasi mencuci baju (Foto: Pixabay.com)
BERITA Kanal Artikel

Tujuh Tata Cara Mencuci Baju untuk Kamu yang Isoman

Satukanal.com, Malang – Untuk kamu yang saat ini melakukan isolasi mandiri (isoman), ada baiknya mengikuti cara berikut saat mencuci baju. Sebab penularan bisa saja terjadi jika ruang isolasi yang berada dalam satu rumah.

Selain meminum obat-obatan, berdasarkan panduan dari World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia, pakaian pasien Covid-19, sprei, handuk, harus dicuci secara terpisah dengan anggota keluarga lain.

Lalu bagaimana langkah-langkah mencuci baju yang benar saat menjalankan isoman di rumah? Simak penjelasan lengkap yang telah dirangkum Satukanal.com;

  1. Jangan sentuh pakaian kotor, letakkan pakaian pada wadah yang tertutup dan beri tanda dengan jelas.
  2. Bersihkan kotoran padat (seperti muntah) dengan benda datar dan keras, kemudian buang di toilet pasien sebelum meletakkannya ke dalam wadah. Jika bukan di kamar pasien, letakkan kotoran tersebut di ember tertutup untuk dibuang ke toilet.
  3. Cuci dan desinfeksi pakaian dengan deterjen pada suhu 60-90 derajat celcius
  4. Sebagai alternatif, rendam pakaian ke dalam air panas dan sabun dalam wadah besar. Gunakan tongkat untuk mengaduk dan menghindari percikan. Jika tidak ada air panas, rendam pakaian dalam 0,05 persen klorin sekitar 30 menit.
  5. Lalu bilas pakaian dengan air bersih dan keringkan di bawah terik matahari.
  6. Lakukan proses desinfeksi pada wadah atau keranjang cucian.
  7. Jangan lupa cuci tangan setelah melakukan proses tersebut.
Baca Juga :  September 2021, Siswa SMP dan SMA Kota Malang Ditargetkan Tuntas Divaksin

Itu tadi beberapa langkah-langkah mencuci baju pasien positif saat isoman. Perhatikan tiap poinnya dan jangan ada yang terlewat. Hal tersebut dilakukan agar virus Covid-19 tidak menyebar kepada anggota keluarga lainnya.

 

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Ubaidhillah 

Kanal Terkait