Tujuh Bidang Keilmuan Universitas Brawijaya Masuk Top Ranking Timer Higher Education (THE) | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Timer Higher Education
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Tujuh Bidang Keilmuan Universitas Brawijaya Masuk Top Ranking Timer Higher Education (THE)

SATUKANAL.com, MALANG – Universitas Brawijaya masuk dalam Timer Higher Education (THE) dengan tujuh bidang keilmuan. THE  kembali merilis ranking top perguruan tinggi dunia berdasarkan subject (bidang ilmu) atau THE World University Rangking 2021 pada akhir oktober 2020.

Universitas Brawijaya (UB) masuk dalam ranking untuk 7 dari 11 subject yang ada yaitu pertama, Ranking 601+ dalam bidnag Business and Economics. Kedua, Ranking 601+ dalam bidang Clinical, PreClinical and Health. Ketiga, Rangkng 801+ dalam bidang Computer Science. Keempat, Ranking 1001+ dalam bidnag Engineering and Technology. Kelima, Ranking 801+ dalam bidang Life Sciences. Keenam, Ranking 1001+ dalam bidang Physical Sciences. Ketujuh, Ranking 601+ dalam bidang Social Sciences.

Berbeda dengan tahun sebelumnya yang mencapai tiga subject kemudian menjadi 7 subject merupakan capaian yang jauh lebih baik. Peningkatan indikator bidang Industrial Income mendorong bidang Clinical and Health UB masuk pada ranking 601+. UB pada bidang ini berada pada urutan kedua bersama dua perguruan tinggi yang lain yaitu pada ranking dua (601+) setelah UI (304-400).

Baca Juga :  Ikhtiar Dari Sang Ayah Membuahkan Hasil, Prof. Dr. Moh. Fadli, S.H., M.Hum Raih Gelar Profesor Universitas Brawijaya

Sementara itu untuk bidang Business and Economics, UB berada pada urutan ketiga (601+) bersama empat perguruan tinggi yang lain setelah UGM dan UI (501-600). Untuk bidang Computer Science, UB berada pada urutan ke 5 (801+). Sedangkan bidang Engineering and Technology, UB berada pada urutan ke-6 (1001+) bersama dua perguruan tinggi yang lain. Untuk bidang Life Sciences, UB berada pada urutan ke-3 (801+) bersama empat perguruan tinggi yang lain.

Pada Bidang Physical Sciences, UB berada pada urutan ke-4 (1001+) bersama dua perguruan tinggi yang lain. Yang patut dibanggakan lagi adalah masuknya bidang Social Sciences sebagai salah satu bidang ilmu Universitas Brawijaya yang masuk dalam daftar top perguruan tinggi.

Rektor UB Nuhfil Hanani sangat mengapresiasi kerja keras seluruh civitas akademika UB. “Kriteria ranking ini mencakup sebagian besar aspek Tri Dharma Perguruan Tinggi yang artinya bahwa Unversitas Brawijaya saat ini mampu menunjukkan kualitasnya sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di dunia terutama pada tujuh bidang tersebut,” katanya seperti dikutip dari laman resmi UB, Selasa (3/11/2020).

Baca Juga :  Ikhtiar Dari Sang Ayah Membuahkan Hasil, Prof. Dr. Moh. Fadli, S.H., M.Hum Raih Gelar Profesor Universitas Brawijaya

Nuhfil juga berharap agar prestasi ini terus ditingkatkan sehingga UB bisa mencapai ranking yang lebih bagus lagi. Diharapkan pula, pada tahun-tahun mendatang ada tambahan dari bidang lain yang belum masuk ranking yaitu Art and Humanity, Education, Pcychologi dan Law. Menurutnya, hal ini juga sejalan dengan visi UB sebagai perguruan tinggi bereputasi internasional.

Selain itu pada september 2020 lalu Universitas Brawijaya dinyatakan masuk sebagai salah satu top perguruan tinggi versi Times Higher Education (THE) World University Ranking 2021 bersama tujuh perguruan tinggi di Indonesia.

UB berada pada urutan ketiga pada list ranking yang dikeluarkan oleh THE untuk 1500 perguruan tinggi dari 93 negara yang memenuhi syarat. THE World Unversity Rankings sendiri menggunakan indikator untuk meranking perguruan tinggi tersebut dengan lima pilar yaitu teaching, research, citations, internasional outlook, industry income.

 

Pewarta : Adinda A.I.U.
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait