Tren Peningkatan Kasus Korupsi, Ini Faktor Yang Latarbelakanginya - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Tren Peningkatan Kasus Korupsi, Ini Faktor Yang Latarbelakanginya

Satuchannel.com, Kota Malang – Terkait kasus korupsi di Jawa Timur mengalami tren peningkatan dalan setahun terakhir ini. Hal ini disampaikan Kordinator MCW Fahrudin disela – sela penyampaian survei nasional anti korupsi oleh Indonesia Corruption Watch (ICW) di Kota Malang.

Fahrudin mengungkapkan ada beberapa indikasi mengenai kenapa peningkatan kasus korupsi tersebut. Faktor pertama terkait apa yang disampaikan oleh MCW terhadap aparat penegak hukum tidak ditanggapi dengan baik justru beberapa kasus cenderung tidak ada kejelasan.

Faktor kedua kepercayaan masyarakat kepada KPK sangat luar biasa namun tak diimbangi oleh kinerja aparat hukum lain seperti kejaksaan dan Kepolisian.

Baca Juga :  Polres Kediri Siap Usut Kasus Pungli THR
Diskusi Survei Anti Korupsi MCW (Aris)

“Seharusnya ini yang menjadi pelecut aparat kejaksaan dan kepolisian dalam meningkatkan kinerjanya,” ungkapnya.

Ia menambahkan penegak hukum di Malang raya belum punya itikad serius menangani kasus – kasus korupsi. Penanganan hanya pada kasus – kasus korupsi dengan nominal kecil.

“Hanya dengan nominal kecil yang ditangani selain itu para pelakunya juga kecil dan remeh temeh. Artinya terjadi tenang pilih di penanganannya,” tutur pria berkacamata ini.

Baca Juga :  Polres Kediri Siap Usut Kasus Pungli THR

Hal ini diperparah dengan pergantian pucuk pimpinan aparat penegak hukum yang ternyata berdampak pada kasus yang sedang ditangani.

“Ada kalanya kasus belum selesai, pimpinannya berganti. Oleh pimpinan baru penanganannya tidak dilanjutkan, ujar Fahrudin, Rabu (2/8).

Di samping itu, ada semacam faktor dekat dengan penguasa yang menyebabkan kasus – kasus tersebut tidak ditangani. Kedekatan dengan penguasa dalam hal ini yang punya jabatan tinggi, yang mengindikasikan adanya tebang pilih penanganan kasus. (Aris)

Kanal Terkait