Tren Baru, Foto Pengantin Tanpa Harus Sewa MUA Mahal - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Tren Baru di Medsos, Foto Pengantin Tanpa Harus Sewa MUA Mahal
Tampilan foto setelah menggunakan editing dari aplikasi Tempo (Foto: Satukanal.com)
BERITA Kanal Highlight Kanal Viral

Tren Baru, Foto Pengantin Tanpa Harus Sewa MUA Mahal

Satukanal.com, Nasional – Media sosial di Indonesia sedang ramai memperbincangkan beragam foto pengantin cantik dengan menggunakan adat Bali, Sunda atau Jawa memenuhi For Your Page (FYP) media sosial.

Penampilan mereka pun membuat banyak orang takjub karena terlihat begitu mempesona. Menariknya, untuk bisa menghasilkan sebuah foto pengantin nan cantik tanpa perlu menggunakan jasa make up artist (MUA) mahal. Kenapa begitu? Hal ini lantaran riasan pengantin yang muncul di media sosial bukan yang sebenarnya.

Diketahui, foto-foto tersebut bukan merupakan foto asli melainkan hasil editan dengan menggunakan sebuah aplikasi yang bernama Tempo. Aplikasi ini memudahkan seseorang untuk mengedit video menjadi pengantin dan dibagikan ke laman media sosial seperti TikTok, Instagram atau Facebook.

Sebenarnya, tren tersebut juga sempat terjadi pada Maret lalu. Seperti, aplikasi MyHeritage yang viral karena dapat membuat foto seolah menjadi hidup. Lalu Mei lalu, aplikasi Wombo menjadi viral dengan video lip-sync.

Baca Juga :  Tahun 2022 Upah Minimum Naik 1,09 Persen, Pengusaha Tak Patuh Bakal Dikenai Saksi

Kali ini, aplikasi “Tempo – Face Swap Video Editor” juga viral di berbagai platform media sosial. Fiturnya yang dapat mengubah foto biasa menjadi foto pengantin lengkap degan riasan, termasuk mahkota pengantin dan baju pengantinnya pun membuat warganet ramai-rami menggunakan aplikasi ini.

Bahkan, di media sosial TikTok muncul tren dengan hastag #editfotopengantin. Setidaknya, ada lebih dari 27,1 juta tayangan di TikTok yang menampilkan hasil editing dengan aplikasi Tempo. Lantas, bagi kalian yang ingin memeriahkan tren ini, bagaimana caranya? Berikut ulsannya:

  1. Unduh aplikasi “Tempo – Face Swap Video Editor” di Play Store
  2. Buka aplikasi Tempo.
  3. Klik “izinkan” ketika aplikasi meminta persetujuan untuk mengakses foto, media, dan file perangkat
  4. Gunakan kata kunci “Bride” di kolom pencarian untuk memudahkan
  5. Pilih template “Become a bride” untuk bisa edit foto pengantin secara gratis. Atau pengguna bisa berlangganan agar bisa memilih template pengantin lainnya di kategori “AI Face”.
  6. Kemudian, klik “Use”.
  7. Lalu pengguna perlu mengunggah satu foto selfie. Foto selfie yang dipilih harus menampakkan wajah pengguna dengan jelas dan tidak boleh menggunakan kacamata atau aksesoris lainnya yang menutupi detail wajah.
  8. Klik “Start uploading” untuk mengunggah foto dari galeri ponsel.
  9. Kemudian, foto akan diunggah dan diedit secara otomatis menjadi video animasi pendek (zoom-out) dengan riasan dan gaun pengantin yang berangsur ditambahkan ke foto.
  10. Apabila proses edit selesai, video pengantin tersebut bisa disimpan ke galeri dan dibagikan ke media sosial.
  11. Jika ingin menyimpan dalam bentuk foto (still picture), pengguna tinggal melakukan screenshot dari video singkat tersebut setelah animasi transformasi selesai atau sebelumnya.
Baca Juga :  CEO Twitter Jack Dorsey Mengundurkan Diri, Siapa Penggantinya?

 

Pewarta : Adinda 

Editor: Ubaidhillah

Kanal Terkait