Tradisi Pedang Pora, Sambut Kapolres Baru Kabupaten Jombang - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Tradisi Pedang Pora, Sambut Kapolres Baru Kabupaten Jombang
Pedang pora sambut Kapolres baru Kabupaten Jombang (Foto: Anggit Puji/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Straight

Tradisi Pedang Pora, Sambut Kapolres Baru Kabupaten Jombang

Satukanal.com, Jombang – Tradisi pedang pora, sambut Kapolres baru Kabupaten Jombang. Estafet kepemimpinan Kepolisian Resor (Polres) Jombang telah resmi dilakukan.

Tongkat komando dari Kapolres Jombang diserahterimakan dari AKBP Agung Setyo Nugroho kepada pejabat baru AKBP Moh Nurhidayat.

Pisah sambut orang nomor satu di Polres Jombang dilakukan dengan tradisi pedang pora yang menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat, memakai masker dan menjaga jarak, pada Rabu (17/11/2021).

Dalam sambutannya, AKBP Agung Setyo Nugroho mengucapkan banyak terima kasih kepada anggota yang telah melakukan kerjasama dan memberikan dukungan selama menjalankan tugas di Jombang.

Ia mengatakan, masyarakat Jombang orangnya baik, ramah dan mendukung terciptanya iklim kondusif. Begitu juga dengan pemerintahan dan Forkompimda kompak. Selain itu, media di Jombang juga mendukung untuk kinerja polisi dengan turut mempublikasikan kegiatan.

“Saya berharap kerja sama dan dukungan itu dilanjutkan ke Kapolres baru, sehingga Polres Jombang akan lebih baik lagi dan profesional untuk melindungi dan mengayomi masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga :  Tidak Berfungsi, Jembatan Timbang Mojoagung Memprihatinkan

Sementara, pejabat baru Kapolres Jombang AKBP Moh Nurhidayat mengatakan, akan melanjutkan tugas-tugas yang sudah dilaksanakan AKBP Agung. Karena, terbukti mampu menjaga kamtibmas di Kabupaten Jombang.

“Saya berharap sinergi dan kerja sama yang baik antara pimpinan dan anggota selama ini dapat dipertahankan. Semoga ke depan Jombang bisa lebih baik lagi,” jelasnya.

Dalam proses penyambutan, Kapolres baru, AKBP Moh Nurhidayat bersama Ketua Bhayangkari disambut Wakapolres Jombang dan mendapat kalungan Bunga.

Selanjutnya, memasuki Gerbang Pora dengan formasi pedang yang dihunus di atas kepala seperti gapura dan berbaris memanjang saat memasuki gerbang Mako Polres Jombang.

Formasi pedang yang dihunus di atas kepala dan membentuk barisan gapura itu dimaksudkan agar pimpinan yang baru siap melangkah dalam menghadapi segala rintangan dengan jiwa kesatria. Sebelum memasuki Mapolres, Kapolres beserta istri dicek suhu tubuhnya lalu disemprot menggunakan cairan hand sanitizer.

Turut menyambut para pejabat utama, Kapolsek Jajaran bersama istri serta para anggota yang berlangsung sekitar pukul 07.30 WIB. Sebelumnya,diketahui bahwa serah terima jabatan Kapolres Jombang dari AKBP Agung Setyo Nugroho kepada pejabat baru AKBP Moh Nurhidayat telah dilaksanakan Senin (15/1/2021) lalu bertempat di Mapolda Jawa Timur.

Baca Juga :  Peringati HKN, Ratusan Tukang Becak di Jombang Dapat Pelayanan Kesehatan Gratis

Sebelum menjabat Kapolres Jombang, AKBP Moh Nurhidayat menduduki jabatan sebagai Kasubdit II Ditreskrimum Polda Jatim. AKBP Nurhidayat juga pernah menjabat sebagai Kabagops dan Wakapolres Jombang.

Sedangkan AKBP Agung Setyo Nugroho selanjutnya akan mengemban tugas sebagai Kapolres Kediri. Ia menjabat sebagai Kapolres Jombang kurang lebih selama 18 bulan.

Seusai acara pedang pora, dilanjutkan berbagai rangkaian kegiatan. Seperti lapsat (Laporan Kesatuan), apel besar ‘Welcome and Farewel Parade’, dan acara lainnya yang bersifat internal kepolisian.

 

 

Pewarta : Anggit Puji
Editor : Adinda

    Kanal Terkait