Toxic Relationship, Kenali 8 Tanda Ciri-Cirinya - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Ciri Toxic Relationship
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Toxic Relationship, Kenali 8 Tanda Ciri-Cirinya

SATUKANAL.com, NASIONAL– Istilah Toxic Relationship menjadi sebutan yang tren akhir-akhir ini. Secara umum relationship merupakan pola hubungan yang melibatkan dua pihak atau lebih. Toxic relationship sendiri berati hubungan yang  membuat salah satu pihak merasa tidak didukung, direndahkan atau diserang. Seperti halnya dengan melakukan berbagai tindakan negatif yang dapat memengaruhi mental seseorang.

Toxic relationship Bisa hubungan antara anak dan orang tua, hubungan pertemanan hingga hubungan romantis atau percintaan. Namun, Toxic Relationship seringkali dikaitkan dengan hubungan percintaan atau asmara.

Ahli komunikasi dan psikologi yang berbasis di California AS, Dr Lillian Glass memperkenalkan  istilah toxic relationship lewat bukunya yang bertajuk Toxic People pada 1995. Ia menyebut toxic relationship mempunyai arti sebagai hubungan yang bersifat merusak karena konflik, tidak saling mendukung, muncul persaingan sampai hilangnya rasa hormat dan kekompakan.

Menurut Glass, setiap hubungan tidak dipungkiri akan mengalami pasang surut. Namun, pasang surut hubungan yang selayaknya berbeda dengan toxic relationship. Hubungan dikatakan dengan toxic, apabila sisi negatifnya berkepanjangan higga menguras energi.

Glass juga menyebutkan bahwa penyebab perilaku dengan toxic relationship beragam tergantung latar belakang serta kondisi seseorang.  Perilaku ini bisa dilatar belakangi oleh masalah kesehatan mental yang tidak terdiagnosis seperti depresi, gangguan kecemasan ataupun trauma.

Sementara itu Verywell Minda  menyebutkan dengan toxic relationship bisa muncul secara bertahap, jika salah satu pihak terus menerus bersikap egois, tidak sopan, menuntut dan bersikap negatif lainnya.

Selain perilaku dan omongan kasar yang ditampakkan oleh pihak tertentu, isyarat lewat tindakan atau perkataan yang tidak disadari terkadang juga bisa menjadi ciri dari istilah dengan toxic relationship.

Berikut ciri-ciri toxic relationship yang kerap kali dirasaan oleh seseorang yang terjebak di dalamnya:

  1. Segala sesuatu yang dilakukan salah
  2. Merasa tidak didukung, kerap direndahkan, diserang atau salah paham
  3. Komunikasi sering berakhir dengan cekcok, lelah akut atau meninggalkan rasa tertekan
  4. Merasa sudah berjuang samapai enegri terjuras tetapi tidak dihargai
  5. Setiap saat khawatir karena tidak ingin diserang sehingga harus tetap waspada
  6. Tidak merasa aman dan bahagia
  7. Tidak bisa menjadi diri sendiri
  8. Adanya kekerasan yang dialami salah satu pihak

Idealnya, hubungan yang sehat melibatkan perhatian timbal balik, rasa hormat, kasih sayang, minat dan kesejahteraan dalam pengambilan keputusan satu dengan yang lain. Hubungan yang sehat ialah hubungan yang dirasa aman untuk setiap pihak sehingga setiap individu dapat menjadi diri sendir, tanpa adanyarasa terbebani atau perasaan takut salah.

Untuk itu, apabila anda merasa mengalami ciri-ciri sama dengan toxic relationship tersebut, segeralah mencari solusinya. Cepat cari orang terdekat atau orang terpercaya untuk bisa keluar dari hubungan tersebut. Atau segera konsultasikan diri anda ke psikolog atau lembaga kesehatan mental terdekat. Agar kesehatan mental dan fisik anda tetap terjaga.

 

Pewarta: Adinda A.I.U.
Editor: Redaksi Satukanal

 

 

Kanal Terkait