SATUKANAL.COM
BERITA

Tolak Perppu Ormas, HMI  Cabang Malang Gelar Aksi Demonstrasi

Satuchannel.com, Kota Malang – Aksi penolakan terhadap hadirnya Perppu Ormas terus dilakukan oleh banyak lapisan masyarakat. Kali ini, HMI Cabang Malang melakukan aski serupa di Depan Gedung DPRD Kota Malang, Senin (24/7). Massa Aksi terlihat melakukan long march yang dimulai dari depan stadion gajayana dan tiba sekitat pukul 15.00 WIB di depan gedung dewan.

Aksi dimulai dengan melakukan orasi oleh beberapa kader HMI. Mereka menilai bila hadirnya PERPPU 02 tahun 2017 Tentang Ormas, merupakan bijakan yang telah mengkebiri ruang gerak ormas. PERPPU ormas juga dirasa belum dibutuhkan untuk kondisi bangsa saat ini.

“Terbitnya Perppu ini, Jokowi berarti telah mencederai demokrasi yang lahir atas dasar semangat reformasi, kebebasan berkumpul dan berserikat yang telah dijamin oleh undang undamg dasar,” ungkap Korlap Aksi, Miftahul Arifin.

Aksi unras (Iqbal)

Tak hanya itu, melalui aksi ini, HMI meniliai bila hadirnya Perppu ini menunjukan bila rezim Jokowi mulai menjelma sebagai rezim yang otoriter. Untuk itu, HMI menganggap bila rezim neo tidak boleh lagi lagi kembali.

Pada aksi kali ini, massa memberikan sejumlah tuntutan untuk menanggapi terbitnya Perppu itu. Pertama, HMI Cabang Malang menuntut agar DPR RI untuk menolak Perppu No 02 Tahun 2017 tentang Ormas, Kedua; HMI Malang juga mengecam Presiden Joko Widodo yang berniat mengebiri kebebasan berkumpul, berserikat, dan menyayakan pendapat melalui Perpu yang baru dierbitkan itu.

Aksi Unjuk Rasa HMI (Iqb)

“Kami juga mengecam tindakan Pemerintah yang tidak memperhatikan asas Due Process Of Law dalam menetapkan Perppu tersebut,” tukas Miftha.

Aksi yang digelar kurang lebih selama dua jam tersebut juga sempat menimbulkan kericuhan di lapangan. Kericuhan disebabkan karena massa aaksi yang berusaha merangsak masuk gedung DPRD Kota Malang untuk menemui anggota Dewan guna berdialog harus tertahan oleh aparat kepolisian. Meski begitu, kericuhan dapat dilerai dan selang beberapa waktu massa membubarkan diri dengan tertib. (Iqb)

Kanal Terkait