Tolak Hak Angket DPR, MCW Gelar Aksi Demonstrasi - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Tolak Hak Angket DPR, MCW Gelar Aksi Demonstrasi

Satuchannel.com, Kota Malang – Malang Corruption Watch (MCW) bersama sejumlah Warga Kota Malang gelar aksi demonstrasi di depan Gedung Balai Kota Malang, Selasa (25/7). Aksi tersebut merupakan bentuk penolakan MCW terhadap persoalan Hak Angket yang dilakukan oleh sejumalh Anggota DPR RI terhadap KPK.

Korlap Aksi, Mayedha mengatakan jika mumculnya panitia hak angket oleh anggota dewan itu merupakan serangan balik yang ditujukan untuk melemahkan langkah KPK untuk mengusut kasus Korupsi yang menimpa sejumlah anggota dewan, khususnya Ketua DPR RI Setyo Novanto, yang kini resmi ditetapkan sebagai tersangaka dalam kasus Mega Proyek E-KTP.

Aksi unjukrasa tolak Hak Angket KPK (Iqb)

“Hak Angket DPR terhadap KPK ini adalah suatu bentuk sikap tidak pro pemberantasan korupsi. Maka orang-orang yang tergabung dalam Pansus Hak Angket ini merupakan orang-orang yang perlu dipertanyakan integritas dan komitmen anti korupsinya,” ujar Mayedha kepada awak media.

Baca Juga :  Polres Kediri Siap Usut Kasus Pungli THR

MCW juga menilai, bila angket ini tidak sepantasnya dimunculkan dikarenakan hak angket dapat diartikan sebagai bentuk intervensi terhadap upaya pemberantasan korupsi. Selain itu, inisiasi hak angket ini juga muncul di tengah-tengah proses penyidikan kepada para tersangka.

“Hal ini dapat kita pandang sebagai bentuk intervensi DPR RI pada proses penegakan hukum,” sambung Mayedha.

Untuk itu, pada aksi kali ini, MCW bersama masyarakat anti korupsi Kota Malang menuntut sejumlah hal, diantaranya menolak hak angket karena hal itu hanya dijadikan senjata politik para koruptor, Usut tuntas kasus korupsi e-ktp, beri sanksi tegas bagi orang-orang yang terlibat korupsi.

Baca Juga :  Polres Kediri Siap Usut Kasus Pungli THR
DEMO MCW Tolak Hak Angket KPK (Iqb)

Sebagai bentuk etis dan demi memperlancar proses penyidikan, MCW juga menuntut agar Setya Novanto harus mundur dari jabatannya saat ini sebagai ketua DPR RI

“Kami juga menghimbau masyarakat Jawa Timur untuk tidak kembali memilih serta mencabut mandat anggota DPR yang tergabung  Pansus Hak Angket terutama yang berasal dari Dapil Jawa Timur,” pungkas Mayedha.

Adapun aksi kali ini, massa aksi terlihat mengenakan sejumlah peralatan yang mewakili tuntutan mereka. Seperti topeng wajah Setyo Novanto yang mewakili keterlibatan Ketua DPR RI tersebut dalam kasus korupsi. (Iqb)

Kanal Terkait