Tips Menyimpan Seafood Dikulkas Agar Tetap Segar - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Tips Menyimpan Seafood Dikulkas Agar Tetap Segar
Cumi-cumi (Foto: Pixabay.com)
BERITA Kanal Artikel

Tips Menyimpan Seafood Dikulkas Agar Tetap Segar

Satukanal.comNasional – Seafood merupakan bahan makanan yang mudah busuk. Oleh karena itu, adar seafood tetap segar harus disimpan dengan benar supaya layak dimakan dan tidak berbau amis. Tips menyimpan seafood sebetulnya cukup mudah. Jika kalian masih bingung menyimpan seafood dalam kulkas, simak tips dari Satukanal.com berikut ini.

1. Menyimpan dalam wadah tertutup

Agar seafood tetap segar dan awet kamu perlu menyimpannya dalam tempat yang tertutup dan kedap udara. Selain itu, kamu perlu melapisi tutup wadah tersebut dengan kain lembab dan plastik. Selanjutnya masukan seafood pada freezer kulkas.

2. Manfaatkan es batu

Apabila seafood kamu adalah ikan, kamu dapat menyimpannya di lemari es. Ada beberapa cara menyimpan ikan segar di kulkas. Salah satunya yakni dengan meletakkan ikan di nampan yang sudah diberi es batu. Jika memungkinkan, nampan dapat dialasi dengan aluminium foil sebelum diberi es batu di atasnya.

Baca Juga :  Marak Pencurian Data, Ini Tips Amankan Password Akun Online dari Google!

3. Bungkus dengan plastik wrap

Apabila kamu tidak mempunyai wadah untuk menyimpan. Kamu dapat memanfaatkan plastik wrap atau kantung zip lock sebelum dimasukakn ke dalam kulkas.  Dengan catatan, seafood segar sudah dibersihkan dengan benar dan dikeringkan sisa airnya. Jika sudah, segera masukkan ke dalam kulkas dengan suhu sekitar tiga derajat celius. Cara ini dapat membuat ikan bertahan sekitar satu minggu.

Baca Juga :  Upaya Lindungi Anak-anak, Youtube Ubah Kebijakan Monetisasi

4. Kondisi seafood harus beku sempurna

Ikan dan seafood ternyata mampu bertahan selama tiga bulan lamannya, dengan syarat disimpan di freezer dengan suhu kurang dari 18 derajat celcius dan harus beku sempurna. Simpan ikan dan seafood dalam plastik kedap udara sebelum dibekukan.

5. Beri tulisan tanggal pertama kali menyimpannya

Selain menempatan seafood pada tempat yang kedap udara. Kamu juga perlu untuk menuliskan tanggal pertama kali membelinya. Hal tersebut dilakukan guna mengetahui seberapa lama seafood di kulkasmu. Jika terlalu lama disimpan, nantinya akan membusuk dan dapat membahayakan tubuh.

 

Editor : Naviska

Kanal Terkait