Tips Menghemat Tagihan Listrik di Rumah, Bisa Dicoba! - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
13 golongan listrik
Token listrik (foto: PLN)
BERITA Kanal Straight

Tips Menghemat Tagihan Listrik di Rumah, Bisa Dicoba!

Satukanal.com, Nasional – Tagihan listrik terus naik tiap bulannya? Nah ada beragam tips mengurangi tagihan listrik dengan menghemat pemakaian listrik di rumah.

Beberapa alat elektronik yang dapat menunjang berbagai kegiatan seperti AC, mesin cuci, kulkas, dan kipas angin yang dipakai secara rutin dapat meningkatkan tagihan listrik. Untuk dapat mengurangi tagihan listrik tiap bulannya ternyata cukup mudah. Simak tips berikut ini.

1. Mematikan elektronik yang tak terpakai

Penggunaan elektronik secara terus menerus, memang menjadi salah satu penyebab naiknya tagihan listrik tiap bulannya. Ketika rumah terlalu banyak barang yang menggunakan tenaga listrik. Pastikan untuk mematikannya ketika tidak dipergunakan.

Contohnya lampu, ketika siang hari kalian dapat mematikan lampu dan memanfaatkan cahaya matahari untuk menerangi ruangan. Selanjutnya cabut charger dari stop kontak saat sudah tak lagi dipakai. Banyak dari peralatan ini menarik sejumlah kecil listrik sambil menunggu untuk digunakan.

Baca Juga :  Tren Diet 2021, Efektif Turunkan Berat Badan

2. Menurunkan suhu kulkas

Cara menghemat listrik selanjutnya yakni dengan menurunkan suhu kulkas saat tidak banyak isi di dalamnya atau saat suhu dirasa terlalu dingin. Dengan sedikit penyesuaian pada termostatnya, lemari es akan tetap menjaga semuanya tetap dingin dan segar, sementara perubahan kecil ini menghasilkan lebih sedikit penggunaan mesin untuk membantu mengurangi tagihan energi.

3. Beralih ke lampu LED

Berbeda dengan lampu pijar atau lampu CFL (Compact fluorescent lamp), lampu LED (Light Emitting Diode) terkenal dengan manfaatnya untuk menghemat listirk di rumah.

Lampu LED bisa menghemat energi hingga 90% dibandingkan dengan lampu pijar CFL dan lampu pijar biasa. 95% energi dari lampu LED digunakan untuk memproduksi cahaya lampu, dan sisa 5% yang lain menghasilkan panas. Hal ini berbading terbalik dengan lampu CFL atau lampu pijar fluorescent biasa yang menghasilkan panas hingga 95%, dan hanya 5% yang dikonversi menjadi cahaya.

Baca Juga :  6 Game Offline di Android yang Tak Kalah Seru, Cobain deh

4. Menggunakan Listrik Prabayar

Cara menghemat listrik yang terbukti efektif yaitu dengan menggunakan sistem listrik prabayar. Pemerintah lewat Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah mewajibkan penggunaan meteran listrik dengan sistem pulsa bagi setiap rumah.

Meteran listrik dengan sistem prabayar membuatmu bisa mengatur sendiri besar kecilnya penggunaan listrik di rumah. Penggunaan listrik dengan sistem pulsa secara tidak langsung memaksa pengguna agar lebih bijak dan menghemat pemakaian listrik di rumah.

5. Gunakan setrika dengan pengatur panas otomatis

Setrika yang tak memiliki alat pengatur panas otomatis akan bekerja mengalirkan listrik terus menerus. Itulah kenapa kalian membutuhkan setrika dengan pengatur panas otomatis agar konsumsi listriknya dapat dikontrol sehingga jadi lebih hemat. Listrik jadi tak terbuang sia-sia selama berjam-jam saat menyetrika.

 

 

Pewarta : Viska

Editor: Ubaidhillah 

Kanal Terkait