Tips Lakukan Plank Agar Terhindar dari Cedera - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Tips Lakukan Plank Agar Terhindar dari Cedera
Ilustrasi olehraga plank
BERITA Kanal Artikel

Tips Lakukan Plank Agar Terhindar dari Cedera

Satukanal.com, Nasional – Plank termasuk salah satu latihan fleksibel dan sudah banyak dilakukan untuk olahraga harian, terutama bagi yang menjalani diet. Apabila melakukan gerakannya secara benar dan tepat, manfaat plank untuk diet diklaim cukup efektif membantu menurunkan berat badan sekaligus memperkuat otot inti tubuh.

Plank sendiri merupakan salah satu bentuk latihan mengolah otot inti tubuh terkait pinggul, punggung bawah, dan perut dengan gerakan sederhana menggunakan lengan bawah sebagai titik tumpunya.

Latihan statis ini melibatkan beberapa kelompok otot tubuh yang saat bersamaan menjadi sangat efektif untuk memperkuat otot inti, serta melatih kekuatan bahu, lengan, dan bokong.

Tidak ada aturan resmi mengenai durasi permanen yang dibutuhkan untuk melakukan plank. Sebagai pemula bisa coba 10-15 detik, kemudian ulangi beberapa sesi secara berkala.

Baca Juga :  Kaum Hawa Wajib Tau, Ini Cara Cek Kosmetik yang Terdaftar di BPOM

Terdapat beberapa variasi plank yang dapat dipilih, dari plank tinggi standar hingga plank lengan bawah dan plank samping penguatan miring. Meskipun masing-masing secara teknis merupakan latihan seluruh tubuh, berbagai jenis plank memberikan manfaat yang lebih terarah ke area yang berbeda.

Melansir laman detik, langkah-langkah atau cara melakukan plank yang benar sebagai berikut:

  • Awali plank dengan posisi telungkup, lengan bawah dan ujung jari kaki di lantai, siku tepat di bawah bahu, lengan bawah menghadap ke depan, kepala rileks dan pandangan ke lantai.
  • Lalu, angkat tubuh menggunakan otot perut, tarik pusar ke arah tulang belakang, jaga tubuh dengan posisi dari telinga sampai jari kaki bisa satu garis lurus.
  • Pastikan bahu turun, tidak menempel ke telinga. Pertahankan tumit di atas telapak kaki. Tahan posisi tersebut selama 10 detik, baru rebahkan diri ke lantai. Ulangi beberapa kali.
  • Apabila sudah terlatih, tahan posisi plank dalam waktu 30, 45, sampai 60 detik.
Baca Juga :  PLN Klaim Pakai Mobil Listrik Lebih Hemat, Benarkah?

Cara menghindari cedera pada saat plank:

  • Pastikan punggung dalam posisi lurus, serta jaga bahu tetap di bawah.
  • Pastikan leher juga sejajar dengan tubuh, bukan mendongak ke atas

 

Editor : Naviska

Kanal Terkait