Tips Kelola Keuangan dengan Baik, Cocok Buat Milenial - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Tips Kelola Keuangan dengan Baik, Cocok Buat Milenial
Ilustrasi pecahan uang (Foto: Viska)
BERITA Kanal Artikel

Tips Kelola Keuangan dengan Baik, Cocok Buat Milenial

Satukanal.com, Nasional – Apakah dari kalian masih kebingungan dalam kelola keuangan, baik untuk pemasukan dan pengeluaran. Mengelola keuangan atau financial planning tentu tak boleh diabaikan setiap orang, tidak terkecuali bagi para milenial.

Diketahui, milenial saat ini mudah terpengaruhi oleh jebakan finansial sehingga tidak dapat mengelola keuangan dengan baik. Imbasnya, uang bulanan dari orangtua atau hasil dari kerja pun habis dalam waktu beberapa hari saja.

Agar kejadian seperti itu tak terulang kembali, penting untuk memahami pengetahuan tentang mengatur keuangan dengan baik. Berikut adalah beberapa rekomendasi cara mengatur keuangan dari Satukanal.com yang cocok bagi milenial :

1. Bagi Anggaran jadi Beberapa Pos

Hal pertama yang wajib dilakukan yakni dengan memulai untuk mengatur pemasukan yang diperoleh dengan cara membaginya ke dalam beberapa pos. Melansir dari laman Otoritas Jasa Keuangan (OJK), memberikan beberapa trik untuk mengelola pemasukan, yakni dengan cara:

  • 40% untuk biaya hidup,
  • 30% untuk cicilan atau tagihan,
  • 20% untuk investasi atau tabungan,
  • 10% untuk amal atau donasi.
  • Selanjutnya untuk biaya hidup, dari 40% tersebut kamu bisa membaginya menjadi 10% setiap minggunya.
Baca Juga :  Begini Cara Cek Seleksi Tahap I PPPK Guru 2021

2. Ingat! Penuhi Kebutuhan Bukan Keinginan

Cara selanjutnya yakni dengan membedakan mana yang menjadi kebutuhan da keinginan. Hal tersebut menjadi salah satu hal terpenting dalam mengelola keuangan, karena banyak dari sebagian milenial yang mementingkan keinginan bukan kebutuhan.

Setelah menentukan anggaran dalam beberapa pos, kamu juga harus menentukan apa saja kebutuhan dalam satu bulan tersebut. Kemudian catat setiap pengeluaran sebagai bahan evaluasi.

3. Membuat Daftar Tujuan yang Ingin Dicapai

Selanjutnya, yang harus dilakukan dalam financial planning adalah membuat daftar tujuan yang ingin dicapai. Dalam daftar tersebut dibagi menjadi tiga rentang waktu yaitu waktu dekat, menengah, dan panjang.

Baca Juga :  Sejumlah Wilayah Indonesia Berpotensi Hujan Lebat Disertai Angin kencang

4. Tambahkan Dana Darurat

Selain itu, jangan lupa untuk membuat pos dana cadangan atau darurat saat mengelola keuangan pribadi. Jangan campur pos ini dengan pos lainnya agar tidak digunakan dengan tidak sengaja. Dana ini sangat penting dimiliki karena akan dibutuhkan di saat mendesak atau darurat seperti saat sakit.

5. Hindari Hutang

Langkah berikutnya yakni, atur sedemikian rupa pengeluaran bulanan kamu agar tidak besar pasak dari pada tiang. Artinya, jangan sampai pengeluaran lebih besar dari uang bulanan atau gaji yang didapatkan.

Hal ini penting dilakukan agar terhindar dari keinginan untuk hutang. Usahakan untuk menyisihkan uang untuk ditabung. Tabungan tersebut bisa sangat membantu saat dalam kondisi darurat.

 

Pewarta : Viska
Editor : Adinda

Kanal Terkait