Tips Cara Simpan Masker Pengganti 'Strap' Masker Yang Katanya Berisiko - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
5 Cara Simpan Masker Pengganti 'Strap' Masker Yang Katanya Berisiko
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Tips Cara Simpan Masker Pengganti ‘Strap’ Masker Yang Katanya Berisiko

Satukanal.com, Nasional – Dimasa pandemi Covid-19, Masker merupakan salah satu barang yang wajib digunakan. Berbagai aksesoris seperti strap masker menjadi penunjang penampilan agar terlihat fashionable.

Strap Masker atau yang bisa disebut dengan Tali Masker, Kini juga memiliki beragam varian. Mulai dari yang berwarna-warni dengan banyak aksesoris, adapun strap masker dengan desain yang sederhana dengan warna monokrom serta hiasan seadanya.

Pemilihan penggunaan strap masker salah satunya dapat digunakan untuk mengalungkan masker saat tidak ingin digunakan, sehingga tampak lebih praktis karena tidak perlu melepas pasang dan menyimpan masker untuk digunakan kembali.

Beberapa orang menganggap, penggunaan strap tersebut dapat bermanfaat agar masker tidak tergeletak sembarangan. Namun, dari hasil keterangan pihak Satgas Penanganan Covid-19, tidak menganjurkan pemakaian strap masker karena dianggap berpotensi tinggi menyebarkan virus Corona.

Ketika kondisi masker yang sedang tidak digunakan dan dikalungkan pada leher menggunakan strap masker, bagian dalam masker yang bersentuhan langsung dengan mulut dan hidung pemakainya, akan menyentuh lapisan permukaan kain baju.

Sedangkan, kita sendiri tidak dapat memastikan bahwa baju yang tengah dipakai akan terbebas dari bakteri ataupun virus. Terlebih ketika harus berkontak dengan banyak orang di suatu tempat, otomatis baju yang sedang digunakan akan bergesekan dengan beberapa benda-benda maupun orang-orang disekitar.

Pihak Satgas Penanganan Covid-19 menyampaikan bahwa, penggunaan strap masker tidak dianjurkan, dikarenakan bagian dalam masker haruslah selalu steril agar tubuh terhindar dari berbagai penyebaran virus salah satunya virus Covid-19.

Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19, Brigjen TNI (Purn) dr Alexander K Ginting, pada konferensi pers Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menjelaskan, ketika kita menurunkan masker, maka bagian dalam masker akan langsung bersentuhan dengan baju atau hijab. Karena masker sebenarnya tidak boleh bersentuhan dengan lain-lain selain bagian tubuh.

Baca Juga :  Awas Banyak Developer Nakal! Ini Tips Membeli Perumahan Yang Aman

“Kalau kita turunkan pakai pengait itu sampai ke bawah, itu akan kena ke hijab, ke baju. Jadi sebenarnya bagian dalam masker itu tidak boleh kontak dengan lain-lain kecuali dengan bagian tubuh,” Ujarnya.

Namun, hingga kini penggunaan strap masker masih mengalami pro dan kontra. Karena, di mata para pemakainya, strap masker punya lebih banyak manfaat. Di antaranya, menghindari kontak antara masker dengan dagu, ataupun meletakkan masker di sembarang tempat yang tentunya juga berpotensi tinggi penularan Covid-19.

Bagi kalian yang tidak ingin menggunakan strap masker dan masih bingung cara menyimpan masker yang benar saat berada diluar rumah, berikut adalah beberapa tips penyimpanan masker yang telah dirangkum Satukanal.comsimak selengkapnya.

Simpan masker pada plastik kedap udara

Anne Liu selaku ahli penyakit menular di Stanford Health Care mengatakan, jika masker dilepas dan tak bisa langsung dicuci karena masih berada di luar rumah, simpan masker kain yang sudah dilipat ke dalam plastik kedap udara.

Oleh karena itu, apabila kalian berencana untuk berpergian dengan waktu yang cukup lama. Siapkan beberapa kantong plastik dengan klep penutup yang kedap udara, agar kondisi masker ketika dilepas tetap steril dan terhindar dari bakteri serta virus yang menempel.

Baca Juga :  Tilang Sistem Poin Bakal Diterapkan, Apa saja Daftar Pelanggarannya?

Simpan masker pada tempat khusus masker

Pada saat kita mengharuskan melepas masker ketika akan melakukan aktivitas seperti makan, minum dan lain sebagainya. Menggunakan tempat khusus masker merupakan salah satu pilihan yang tepat agar masker yang tidak dipakai tetap steril dan terjaga kebersihannya.

Tempat khusus masker pun kini juga mudah di jumpai dibeberapa tempat jual beli online maupun beberapa kanal media sosial. Harganya pun sangat terjangkau dan ukuran yang tidak terlalu besar sehingga mudah untuk dibawa kemana saja.

Simpan masker pada kantong kertas

Apabila sedang berada diluar rumah, selalu bawa kantong kertas kecil yang bisa muat dalam tas, contohnya adalah amplop. Ketika kalian hendak melepas masker, kalian bisa memasukkan masker kain ataupun masker medis ke dalam kantong kertas tersebut saat makan, minum, atau sekadar untuk menghirup napas lebih lega.

Apabila masker sudah masuk dalam kantong kertas, maka masker juga dapat disimpan di tas maupun dompet kalian. Jangan pernah menaruh masker begitu saja tanpa kantong karena partikel virus yang mungkin menempel pada masker bisa tersebar ke semua barang di dalam tas.

Penjelasan diatas merupakan beberapa cara yang telah dirangkum Satukanal.com agar masker yang dipergunakan ketika diluar rumah tetap steril dan terjaga kebersihannya. Sehingga, tubuh pun terhindar dari adanya bakteri dan virus salah satunya adalah virus Covid-19.

 

 

 

 

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait