SATUKANAL.COM
Tips Aman Berwisata Ke Pantai Saat Pandemi Covid-19
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Tips Aman Berwisata Ke Pantai Saat Pandemi Covid-19

SATUKANAL.com, MALANG – Saat pandemi Covid-19 Pemerintah mengeluarkan kebijakan New Normal yang berlaku hingga saat ini. Berbagai destinasi wisata pun dibuka kembali. Sejak pandemi Covid-19 menyerang, setiap orang banyak menghabiskan waktunya di rumah agar mencegah terjadinya perluasan korban positif. Dibukanya kembali beberapa destinasi wisata membuat masyarakat bersuka cita untuk menyambut hal tersebut.

Pantai akhir-akhir ini menjadi destinasi wisata yang ramai dikunjungi masyarakaat saat pandemin Covid-19, harga tiket masuk beberapa pantai juga sangat terjangkau, hal tersebut menjadi alasan masyarakat memilih berlibur ke pantai saat ekonomi menurun akibat pandemi.

Berwisata ke pantai juga dapat memanjakan mata dengan indahnya lautan biru, pemandangan sekitar pantai yang indah dan kelezatan hidangan laut yang banyak dijual dilokasi pantai.

Namun, pada saat pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini, menjaga diri saat berwisata menjadi hal yang sangat penting, hal tersebut guna mencegah penularan virus Covid-19. Satukanal.com memberikan bebrpata tips-tips berwisata ke pantai di saat masa pandemic Covid-19 yang aman yakni,

  1. Keamanan
    Beraktivitas di luar ruangan, seperti pantai, sebetulnya tergolong rendah risiko penularan Covid-19, tentunya sepanjang protokol keamanan tetap diberlakukan. Seperti rutin mencuci tangan, mengenakan masker, menjaga jarak, dan lainnya. Salah satu cara untuk menjaga keamanan pada saat berwisata ke pantai adalah memastikan terlebih dahulu kepadatan pengunjung dan pilih wisata pantai yang sepi pengunjung.
  2. Tidak berwisata dengan rombongan
    seperti yang diketahui, kerumunan dapat meningkatkan penularan virus Covid-19. Jadi berwisata dengan maksimal 10 orang merupakan hal terbaik untuk melakukan antisipasi. Disiplin menerapkan social distancing juga harus tetap dilakukan. Pastikan selalu menjaga jarak dengan teman, keluarga atau pengunjung yang lain. Karena ada banyak sekali orang yang terinfeksi virus Corona namun tidak menunjukkan gejala apapun.
  3. Pilih Pantai yang sepi pengunjung
    Sebaiknya pilih wisata pantai yang sepi dan tidak dikunjungi banyak orang. Serta kunjungi lokasi wisata yang masih ada pada zona hijau. Hal tersebut guna memberikan rasa aman dan serta tidak menimbulkan was-was.
  4. Selalu gunakan masker saat bewisata
    Penggunaan masker telah menjadi rutinitas baru dan wajib sehingga tidak bisa dilewatkan saat beraktivitas di luar rumah. Hal ini penting dilakukan untuk menangkal droplet atau percikan cairan demi mencegah penularan virus Covid-19. Agar perlindunganmu semakin maksimal, sebaiknya gunakan face shield, topi dan kacamata. Usahakan juga untuk menggunakan pakaian lengan panjang untuk meminimalisir kontak kulit dengan orang lain saat jalan-jalan di pantai. Dengan begitu, kamu bisa memutus rantai penularan virus Covid-19 dengan lebih baik.
  5. Bawa Starter Kit New Normal
    Pastikan untuk menyertakan starter kit new normal di dalam tas. Barang pertama yang harus kamu bawa adalah hand sanitizer dengan kandungan alkohol 70 persen yang dapat digunakan untuk membersihkan tangan yang kotor setelah memegang banyak benda.
  6. Jangan Berenang
    Berenang menjadi salah satu aktivitas menyenangkan yang sayang untuk dilewatkan saat berlibur ke pantai. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah kontak fisik dengan orang lain, apabila tak sengaja minum air laut.
  7. Jangan Berjemur Dipantai
    Banyak yang percaya bahwa berjemur dapat menangkal virus Corona sebab sinar matahari dan suhu panas dapat membunuh sejumlah virus, termasuk virus SARS, flu burung dan influenza. Namun jika kalian pergi ke pantai, sebaiknya hindari dulu aktivitas satu ini demi mencegah penularan virus Corona. Pasalnya dikhawatirkan kamu akan terkena droplet dari orang yang sedang berlalu lalang.
  8. Jangan Menyewa Barang
    Usahakan untuk tidak menyewa barang-barang yang ada di pantai seperti papan selancar, kursi duduk, payung dan lain sebagainya. Hal ini disebabkan karena virus Corona dapat bertahan hidup di permukaan benda tertentu, sehingga kamu berisiko tertular jika tidak sengaja memegang benda tersebut.
Baca Juga :  Resmikan Kampung Tangguh Semeru, Pjs Bupati Mojokerto Himbau Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan Covid-19

Agar lebih aman, tak ada salahnya untuk menyiapkan semua peralatan yang diperlukan dari rumah. Meski sedikit merepotkan, cara ini penting dilakukan untuk menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarga yang sedang berlibur.

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait