Tingkatkan Pelayanan, Perumda Malang Terapkan Berbagai Aplikasi Kemudahan - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Tingkatkan Pelayanan, Perumda Malang Terapkan Berbagai Aplikasi Kemudahan
Foto: Perumda Kota Malang
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Tingkatkan Pelayanan, Perumda Malang Terapkan Berbagai Aplikasi Kemudahan

SATUKANAL.com, MALANG– Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tugu Tirta Kota Malang terus meningkatkan pelayanan pelanggan dengan mengoptimalkan aplikasi khusus . Aplikasi ini terdiri dari dua kategori yang dapat mempermudah serta mempercepat pelayanan kepada masyarakat.

Direktur Utama Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang, M Nor Muhlas mengungkapkan, pihaknya memiliki sistem informasi terintegrasi sebagai bentuk percepatan pelayanan kepada masyarakat. “Aplikasi tersebut adalah Total Water Utility Integrated network (TWUIN) yang mencakup direktorat teknik dan direktorat administrasi.

Aplikasi pertama adalah aplikasi teknik yang terdiri dari Geographic Information System (GIS), Sistem Informasi Pasang baru 2 Days Service (2 hari mengalir), Work Order, Sistem Informasi Buka-Tutup Pelanggan, Sistem Informasi Rekondisi Jalan (bekas galian), e-RAB, PASPAM (Perencanaan Aset), SCADA (monitoring pompa, reservoir dan lain-lain).

Kemudian, aplikasi kedua yakni aplikasi administrasi yangterdiri dari Billing System, SiCater (Sistem Informasi Pembacaan Meter), e-Office (surat  menyurat digital), e-Akuntansi (sesuai SAK-ETAP), Sistem Informasi Human Resource Development (master pegawai, payroll, lembur, otomatisasi performa berbasis kinerja, dan lain-lain) yang terintegrasi dengan seluruh aplikasi pada direktorat teknik.

Baca Juga :  HUT Kota Malang, Sejumlah Mantan Wali Kota Hadir Kenakan Pakaian Khas Malangan

Lebih lanjut, menurut Nor, Tugu Tirta juga menjadi jujugan studi banding sejumlah perusahaan daerah air minum se-Indonesia yang ingin menerapkan inovasi pelayanan. Seperti di awal 2021 ini, Perumda Air Minum Tirta Jungporo Jepara dan PDAM Tirtanadi Medan yang melakukan kunjungan ke Tugu Tirta Malang.

“Harapannya, teknologi infrmasi yang dikembangkan dapat menginspirasi dan bisa dikebangkan di perusahaan daerah air minum lain di seluruh Indonesia. Semangatnya adalah bagaimana kita maju bersama-sama emmberikan pelayanan air minum terbaik bagi masyarakat,” ujar M Nor Muhlas melanjutkan.

Baca Juga :  Pembelajaran Tatap Muka Mulai 19 April

Sementara itu, di masa pandemi Covid-19 ini, loket pelayanan masih tetap buka dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Begitu pula dengan call center maupun layanan pengaduan juga tak absen untuk buka.

Adapun terkait layanan informasi masyarakat dapat dengan mudah diakses melalui media sosial serta website  perusahaan yang sebelunya bernama PDAM Kota Malang ini. Layanan informasi bisa dikases dari Facebook, Twitter hingga Instagram.

Nor kembali menekankan bahwa pihaknya akan berusaha untuk senantiasa fast response guna menunjuang pelayanan prima. “Petugas pengaduan resmi kami selalu standby dalam menerima saran, menanggapi keluhan serta memberikan update informasi secara aktual dalam hal pelayanan dan kebijakan perusahaan,” ujarnya.

 

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait