Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Pemkab Malang Rencanakan Bangun RS Khusus Jantung - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Pemkab Malang Rencanakan Bangun RS Khusus Jantung
Foto: Humas Pemkab Malang
BERITA STRAIGHT NEWS

Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Pemkab Malang Rencanakan Bangun RS Khusus Jantung

SATUKANAL.com, MALANG– Rumah sakit (RS) khusus penyakit jantung di Kepanjen diwacanakan akan dibangun oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang. RS ini nantinya akan diproyeksikan sebagai Pusat Pelayanan Kesehatan Jantung.

Pemkab Malanng juga telah menyiapkaan lahan seluas  dua hektare untuk pembangunan rumah sakit tersebut. “Kami siapkan lahan di belakang RSUD Kepanjen. Ini akan menjadi RS jantung pertama di Kabupaten Malang,” terangnya.

Meski begitu, Sanusi belum memastikan realisasi pembangunan RS jantung tersebut. “Pembangunannya masih menunggu. Kalau dibangun sekarang tap SDM-nya tidak siap percuma,” ujar Sanusi, Bupati Malang.

Lebih lanjut, Sanusi menyebut bahwa rencana RS jantung di Kepanjen itu akan bekerja sama dengan RS Pusat Jantung Nasional (PJNHK) harapan Kita, Jakarta. Pihaknya telah sepakat dengan kerja sama dengan RSPJNHK Harapan Kita Jakarta.

Baca Juga :  Larangan Mudik, Pemkab Malang Pantau ASN Dengan Aplikasi Khusus

Menurut Sanusi, RSPJNHK merupakan rumah sakit yang berkompeten. “RS Harapan Kita Jakarta nantinya akan membantu kebutuhan prasarana,” ungkap Sanusi.

Rumah sakit yang akan dibangun, imbuhnya, akan melayani Bedah Jantung Dewasa, Bedah Jantung Anak, Vaskular, External Counter Pulsation (ECP) dan Pelayanan Paliaatif. Bagaimanapun juga,ia  menganggap bahwa pembaangunan RS jantung memiliki urgensi penting.

Sekedar informasi, dengan sejumlah pelayanan  unggulan yang dimiliki, menjadikan RSPJNHK saat ini tercatat sebagai rumah sakit khusus yang dijadikan pusat rujukan untuk penanganan penyakit jantung pembuluh darah atau kardiovaskular.

Sebelumnya, pada Selasa (23/03/2021) Bupati Malang Sanusi beserta jajarannya juga telah melakukan peninjauan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kanjuruhan yang juga turut dalam rencana pembangunan RS jantung dengan one stop service tersebut.

Baca Juga :  Pemkab Malang Siapkan 10 Persen PAD untuk Sektor Keagamaan

Sanusi juga menyebutkan jika wacana terkait RS jantung ini termasuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RJMD) Pemkab Malang tahun 2021-2026. Sanusi juga berharap dengan adanya RS jantung di Kepanjen dapat membantu masyarakat.

“Upaya ini untuk menyelamatkan nyawa masyarakat Kabupaten Malang sekaligus meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyaraakat,” pungkasnya.

Dengan ditetapkannya rencana pembangunan RS jantung oleh Pemkab Malang ini, kata Sanusi, maka masyarakat tidak perlu jauh-jauh ke Surabaya bahkan Jakarta untuk memeriksakan kondisi jantung.

 

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait