Tingkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Pilkada Kabupaten Malang Di Era Pandemi, Lembaga Pemantau Satukanal.Com Berolaborasi Dengan Rumah Keadilan Rilis Form Pengaduan Online | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Tingkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Pilkada Kabupaten Malang Di Era Pandemi, Lembaga Pemantau Satukanal.Com Berolaborasi Dengan Rumah Keadilan Rilis Form Pengaduan Online
BERITA COVID-19 HIGHLIGHT KABUPATEN MALANG

Tingkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Pilkada Kabupaten Malang Di Era Pandemi, Lembaga Pemantau Satukanal.Com Berolaborasi Dengan Rumah Keadilan Rilis Form Pengaduan Online

SATUKANAL.com, MALANG – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 di Kabupaten Malang yang akan berlangsung pada 09 Desember 2020 mendatang. Satukanal.com berkolaborasi dengan Lembaga Bantuan Hukum Rumah Keadilan Kota Malang, melakukan pemantauan gelaran Pilkada 2020 yang akan dilakukan oleh anggota lembaga pemantau di beberapa wilayah Kabupaten Malang.

Setelah secara resmi telah diverifikasi oleh pihak Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Malang. Satukanal.com bekerjasama dengan Lembaga Bantuan Hukum Rumah Keadilan merilis beberapa mekanisme guna meminimalisir penyebaran COVID-19.

Adapun beberapa solusi yang telah di siapkan, salah satunya melalui pengisian form secara daring atau online, guna menyerap sebanyak-banyaknya partisipasi dari masyarakat dalam proses pelaporan segala bentuk kecurangan Pilkada.

Baca Juga :  Perpustakaan Drive Thru Kota Malang Tuai Pujian Perpusnas RI

Pengisian form tersebut terbagi menjadi dua macam, pertama adalah form partisipatif yang dikhususkan untuk masyarakat ketika mengetahui adanya kecurangan sebelum dilangsungkannya Pilkada 2020. Selain itu terdapat form pengaduan pada hari H pemungutan suara, sehingga masyarakat juga dapat melakukan pengaduan melalui form tersebut saat Pilkada 2020 tengah berlangsung.

Dalam form partisipatif tersebut, terdapat pertanyaan yang wajib dilengkapi ketika ingin mengadukan adanya kecurangan. Ketika form partisipatif telah dilengkapi, maka anggota pemantau dari Satukanal.com akan melakukan verifikasi data dan langsung mengunjungi lokasi pelaporan, untuk menindak lanjuti kecurangan yang telah dilaporkan.

 

Form Kedua Untuk Anggota Pemantau

Form kedua adalah, form pemantauan yang nantinya dikhususkan dan diisi oleh para anggota pemantau dari Satukanal.com, saat melangsungkan pemantauan pada Pilkada 2020.

Baca Juga :  PMI Kota Malang Hadirkan Aplikasi Panic Button Emergency, Begini Cara Kerjanya

Satukanal.com bersama dengan LBH Rumah Keadilan berharap agar, anggota pemantau beserta metode-metode yang telah ditentukan berjalan dengan lancar, serta dapat mengawal pesta demokrasi di Kabupaten Malang ini secara maksimal. Anggota pemantau nantinya juga diwajibkan untuk mematuhi protokol kesehatan secara ketat guna meminimalisir penyebaran Covid-19.

Dalam Keputusan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 296/PP.06-Kpt/06/KPU/VI/2020 mengatur mengenai fungsi dibentuknya lembaga pemantau yakni, melakukan pengamatan yang pada akhirnya menyajikan data suatu tahapan atau seluruh tahapan penyelenggaraan pemilihan. Sehingga masyarakat umum dapat melihat perkembangan penyelengaraan pemilihan.

 

Berikut Link Form Pemantauan Partisipatif :

Form Pemantauan Partisipatif : https://www.satukanal.com/form-pemantauan-partisipatif/

 

Kanal Terkait