Tingkatkan PAD Tahun 2022, Walikota Sutiaji Dorong Bapenda Untuk Sinkronisasi Pajak Dan Retribusi Parkir - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Tingkatkan PAD Tahun 2022, Walikota Sutiaji Dorong Bapenda Untuk Sinkronisasi Pajak Dan Retribusi Parkir
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Tingkatkan PAD Tahun 2022, Walikota Sutiaji Dorong Bapenda Untuk Sinkronisasi Pajak Dan Retribusi Parkir

Satukanal.com, Malang – Berlokasi di Hotel Savana Kota Malang, Pada Kamis (25/02/2021) telah digelar acara penyusunan Rencana Kerja Tahun 2022, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Malang menggelar Forum Perangkat Daerah (FPD) Penyusunan Rencana Kerja (Renja) Tahun 2022.

Pada acara tersebut, Wali Kota Malang turut memberikan arahannya kepada pihak Bapenda untuk melakukan sinkronisasi antara pajak parkir dan retribusi parkir di Kota Malang yang selama ini belum di kelola secara maksimal.

“Pajak parkir ada di Bapenda dan retribusi parkir ada di Dishub, namun pada kesempatan kali ini, saya berharap terjadi sinkronisasi data agar dapat dikelola dengan baik” ujarnya.

Perlu diketahui bahwa, pajak dan retribusi parkir memiliki potensi yang tinggi terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Malang. Terdapat 500 titik dengan potensi pendapatan 5 Milyar yang dapat digali dan dimaksimalkan pengelolaannya guna peningkatan dalam bidang perekonomian Kota Malang.

Baca Juga :  Bantuan Korban Gempa Malang Siap Disalurkan

Pada tahun ini dan tahun 2022 mendatang, Peningkatan PAD masih menjadi fokus perhatian Walikota Sutiaji terhadap program kerja Bapenda. Sehingga, Bapenda Kota Malang diharapkan mampu meningkatkan kinerjanya melalui inovasi-inovasi yang diciptakan.

Walikota Sutiaji juga turut menekankan agar kolaborasi dengan Disnaker PMPTSP Kota Malang juga harus dimaksimalkan. Seperti perubahan siteplan saat masyarakat mengurus IMB. Hal tersebut juga berpotensi untuk meningkatkan kenaikan pendapatan daerah melalui sektor pajak PBB.

Sebagai informasi, pada gelaran acara tersebut Walikota Malang, Sutiaji, didampingi oleh Wakil Walikota Malang, Sofyan Edi Jarwoko dan Sekretaris Daerah Kota Malang, Wasto turut hadir.

Baca Juga :  Antisipasi Penularan Covid-19 di Malang, Peserta SBMPTN Wajib Rapid Test Antigen

Perlu diketahui bahwa pada awal tahun 2021 lalu, Pemerintah Kota Malang resmi menerapkan E-Parking (mesin parkir elektronik) di pintu masuk-keluar Stadion Gajayana. Inovasi ini juga menjadi salah satu cara meningkatkan pendapatan daerah.

Handi Priyanto selaku Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Malang mengatakan, penerapan E-Parking ini akan seutuhnya memanfaatkan layanan daring. Melalui inovasi ini, publik dapat mengetahui perolehan pendapatan parkir secara real time sehingga transparan.

Penerapan E-Parking juga bertujuan untuk memperbaiki tata kelola parkir di area Kota Malang. Setidaknya terdapat dua hal yang akan dilakukan Dishub Kota Malang. Wali Kota Malang, Sutiaji meyakini bahwa, potensi pendapatan melalui E-Parking cukup besar.

 

 

 

 

Pewarta : Naviska
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait