Tingkatkan Minat Baca, Walikota Sutiaji Tekankan Perpustakaan Harus jadi Sumber Literasi - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Tingkatkan Minat Baca, Walikota Sutiaji Tekankan Perpustakaan Harus jadi Sumber Literasi
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Tingkatkan Minat Baca, Walikota Sutiaji Tekankan Perpustakaan Harus jadi Sumber Literasi

Satukanal.com, Malang – Bertempat di Atria Hotel Malang, telah digelar Forum Perangkat Daerah Rancangan Rencana Kerja tahun 2022 oleh Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang.

Acara yang berlangsung pasa Kamis (25/02/2021) ini turut dihadiri Wali Kota Malang Drs, H. Sutiaji, dan berkesempatan untuk memberikan sambutannya. Pada sambutannya tersebut, Sutiaji berpesan agar perpustakaan mampu menjadi sumber literasi bagi masyarakat Kota Malang.

Dikarenakan membaca merupakan salah satu kegiatan yang sangat bermanfaat. Membaca juga dapat melatih otak untuk dapat berfikir lebih kritis maupun menganalisis adanya masalah yang tersaji dalam buku yang sedang kita baca.

Pada sambutannya tersebut, Wali Kota Menyampaikan bahwa, tingkat literasi masayarakat sekitar masih terbilang rendah. “Literasi kita masih rendah, kecenderungan kita untuk membaca itu masih rendah. Perpustakaan ini kita kuatkan. Di Kota Malang harapannya perpustakaan menjadi salah satu sumber ajar dari sekian sumber ajar bagi kita semua,” Ujarnya.

Baca Juga :  Tingkatkan Pemahaman Riset Mahasiswa, Dosen Berkarya UB Bakal Gelar Pendampingan Penguatan Metode Penelitian Berbasis Online

Menurut Sutiaji, melalui ketersediaan literasi yang baik, pemerintah berupaya menumbuhkan minat baca masyarakat. Perpustakan harus menyediakan berbagai bahan ajar yang mampu membangun kegemaran membaca setiap orang.

“Perpustakaan harus memiliki bahan ajar bagi kita semua, mampu memfasilitasi apa yang menjadi pikiran kita, untuk membangun orang yang gemar membaca. Sehingga kecerdasannya bisa memberi sumbangsih kepada bangsa,” Ujarnya.

Dunia ilmu tidak memiliki batas usia dan harus digali oleh siapa pun. Karena itu, kegiatan membaca yang merupakan salah satu cara membuka cakrawala ilmu, harus lebih digiatkan dan tentu ada peran pemerintah di dalamnya.

Penguasaan masyarakat akan literasi menjadi penting guna membangun sumber daya manusia yang berkualitas. Kesempatan untuk membangun serta meningkatkan kemampuan literasi masyarakat di Kota Malang dapat menjadi andil bagi Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah.

Baca Juga :  Polresta Malang Tetapkan 7 Orang Tersangka Atas Kasus Kekerasan Seksual Terhadap Anak

“Literasi yang kita punyai, harus memberikan kontribusi terhadap perubahan kemakmuran bangsa. Jangan literasi yang kita punyai malah mencarutkan dan mengacak-acak sistem pembangunan yang sudah ada yang telah disepakati bersama,” tegas Walikota Sutiaji.

Sebagai informasi, dalam kegiatan tersebut, Wali Kota Malang turut didampingi Plt Kepala Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah, Suwardjana.

Berbagai upaya Pemkot Malang guna meningkatkan semangat membaca warga Kota Malang telah dilakukan. Salah satunya pada tahun 2019 lalu Pemkot Malang meluncurkan penggunaan aplikasi Malang Cilin (city library information).

Upaya ini merupakan salah satu strategi Pemkot Malang guna menyikapi perkembangan serta kemajuan teknologi informasi. Peluncuran perpustakan berbasis daring tersebut juga telah berhasil memecahkan rekor Muri.

 

 

 

 

 

Pewarta : Naviska
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait