SATUKANAL.COM
kunjungan
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Tingkatkan Ekonomi Saat Pandemi, Pemkot Mojokerto Kunjungan Kerja Ke Kota Sorong, Papua Barat

SATUKANAL.com, MOJOKERTO– Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari bersama Wakil Wali Kota Achmad Rizal Zakaria melaksanakan kunjungan kerja ke Pemerintah Kota Sorong Provinsi papua barat pada kamis (19/11/2020). Kedatangan Ning Ita beserta pendampingnya ini disambut oleh Wakil Wali Kota Sorong Pahima Iskandar.

Kunjungan tersebut juga diikuti oleh Sekretaris daerah Kota Mojokerto Harlistyati, Ketua TP PKK Nur Chasanah beserta Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Mojokerto. Tujuan dari kunjungan ini yaitu untuk mendapatkan informasi terkait penanggulangan pandemi covid-19 serta pemulihan ekonomi khususnya dari sisi penigkatan PDRB di Kota Sorong.

“Di masa pandemi Covid-19 Provinsi Papua Barat mampu mempertahankan pertumbuhan ekonomi dengan posisi tertinggi di Indonesia, karena itu Pemkot Mojokerto memutuskan untuk melakukan kunjungan ke Provinsi Papua Barat guna melakukan studi banding” kata Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari.

Melansir dari akun instagram Humas Pemkot Mojokerto, Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat memiliki pertumbuhan ekonomi yang cukup bagus dibandingkan dengan provinsi lainnya selama pandemi covid-19 berlangsung. Tercatat, pertumbuhan ekonomi di Provinsi Papua sebesar 4,52 persen sedangkan untuk Provinsi Papua barat tercatat 0,53 persen.

Baca Juga :  Wali Kota Mojokerto Hadiri FGD DPD RI Terkait Potensi KPBU

Wali Kota Mojokerto, Ning Ita juga menyampaikan tujuan kunjungan lapangan ini dilakukan untuk dapat melihat secara langsung kondisi penanganan sektor kesehatan, perdagangan, investasi dan perijinan, industri kecil dan menengah serta pariwisata.

Selain itu Pemkot Mojokerto ingin menggali bagaimana strategi yang dapat dilakukan atau bisa melakukan diduplikasi mengenai pengelolaan pariwisata di Papua Barat, yang memiliki destinasi wisata yang terkenal di dunia yakni Raja Ampat dan beberapa daerah lainnya.

“Kami Pemerintah Kota Mojokerto juga ingin melihat pengelola destinasi di Sorong dan Raja Ampat yang merupakan destinasi wisata kelas dunia,” kata Ika Puspitasari.

Baca Juga :  Sebagai Upaya Memperkuat Ketahanan Pangan Pada Masa Covid-19, Pemkot Mojokerto Adakan Pelatihan Probiotik dan Pupuk Cair

Sementara itu, Wakil Wali Kota Sorong Pahimah Iskandar yang menerima kunjungan Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari bersama rombongan mengucapkan selamat datang dan berdiskusi tentang perubahan ekonomi Kota Sorong.

Dalam diskusi tersebut, Kepala Badan Pusat Statistik Kota Sorong, Mery mengatakan bahwa kota tersebut adalah salah satu daerah penyumbang terbesar bagi pertumbuhan ekonomi di Provinsi Papua Barat.

“Meskipun pandemi COVID-19 sektor konstruksi, perdagangan skala besar dan kecil, administrasi pemerintahan, perikanan, dan jasa transportasi tetap berjalan dan memberikan kontribusi terbesar bagi pertumbuhan ekonomi di Kota Sorong,” katanya.

Di akhir kunjungan tersebut, tak lupa Ning Ita juga menyampaikan harapannya bahwa dengan kunjungan ini dapat menjalin kerjasama dan menimba ilmu tentang kebijakan penganggaran dan pelaksanaan kegiatan di Kota Sorong sehingga bisa bermanfaat bagi Kota Mojokerto.

 

 

Pewarta: Adinda A.I.U.
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait