Tim Satgas Reklame Terapkan Cara Style humble Dan Egaliter, Atasi Pemilik Reklame Guna Sadar Pajak | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Tim Satgas Reklame Terapkan Cara Style humble Dan Egaliter, Atasi Pemilik Reklame Guna Sadar Pajak
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Tim Satgas Reklame Terapkan Cara Style humble Dan Egaliter, Atasi Pemilik Reklame Guna Sadar Pajak

SATUKANAL.com, MALANG – Tim Satuan Tugas (Satgas) Reklame pada Rabu (25/11/2020), kembali gencar untuk melakukan penertiban dalam operasi sadar pasar untuk meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak (WP) yang berguna untuk memulihkan perekonomian Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Malang.

Oprasi kepatuhan Wajib Pajak (WP) ini tidak melibatkan gabungan bersama lintas satuan mitra kerja Bapenda, karena opreasi kali ini digelar secara senyap yang berguna untuk upaya intensifikasi dan ekstensifikasi pajak.

Kepala Bapenda Kota Malang, Ir Ade Herawanto MT mengatakan bahwa, “kali ini operasi dilakukan secara senyap dengan tim UPL atau satgas internal kami”.

Ir Ade Herawanto MT pada kesempatan itu menjelaskan bahwa, operasi yang dilakukan tersebut bukan suatu tindakan represif, namun lebih pada tindakan persuasif yang nantinya berguna bagi masyarakat supaya lebih meningkatkan kesadaran dan kepatuhan dalam memenuhi kewajibannya terkait dengan perpajakan daerah.

Ia juga mengatakan upaya tersebut guna membantu pembayaran tunggakan terkait piutang Pemerintah Kota Malang. Operasi yang dilakukan secara rutin ini membuahkan hasil yang cukup signifikan karena Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Malang yang berasal dari sektor pajak mengalami peningkatan.

Baca Juga :  Antisipasi Puncak Pandemi Covid-19, Wali Kota Malang Akan Perpanjang Izin Operasional Safe House

Peningkatan akan PAD Kota Malang selaras dengan action plan yang dibentuk guna mengatasi dan melengkapi beberapa target di tahun 2020 ini. Serta mempersiapkan beberapa strategi di tahun 2021 mendatang.

Beberapa masyarakat pemilik reklame yang terjaring pada operasi tersebut, menyampaikan itikad baiknya dengan melakukan pelunasan pada tunggakan pajak reklamenya. “Sedangkan yang belum membayar, stiker atau banner segelnya tidak akan kami lepas dulu,” tegas Sam Ade d’Kross, sapaan akrab pria yang juga tokoh Aremania tersebut.

Dalam menjalankan operasi sadar pajak ini, tim satgas reklame mengedepankan pendekatan secara persuasif kepada masyarakat dengan style humble dan egaliter, khususnya ketika melakukan operasi wajib pajak. Hal tersebut dilakukan berdasarkan prosedur dari tim satgas, serta mengedepankan standar protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19, agar kondisi kesehatan dari para petugas tetap terjaga.

Baca Juga :  Hasil Pilkada Kabupaten Malang Ditetapkan, 3 Daerah di Jatim Terhalang Proses Hukum

Ade Herawanto mengantakan, “Tugas paling berat adalah mengembalikan tingkat kepatuhan WP untuk peningkatan PAD Kota Malang yang akan digunakan untuk kemakmuran masyarakat Bumi Arema”.

Walikota Malang, Drs H Sutiaji juga mendukung penuh atas segala upaya Bapenda dalam meningkatkan kepatuhan wajib pajak dengan menggelar operasi rutin ini. Sutiaji juga berpesan agar nantinya semua tim satgas reklame dan beberapa petugas pajak lainnya dapat terus mengedepankan nilai-nilai persuasif dan humanis ketika menggelar operasi sadar pajak tersebut.

“Operasi kepatuhan wajib pajak ini harus tetap digelar sesuai aturan yang berlaku. Ini semua demi suksesnya pembangunan di Kota Malang, Karena pembangunan di Kota Malang harus dilakukan bersama-sama dengan model komunikasi pentahelix yang selama ini kita jalankan” Ujarnya.

 

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait