Tilang Polantas Dihapuskan, Berikut Penjelasan Komjen Listyo Sigit Prabowo - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Tilang Polantas Dihapuskan, Berikut Penjelasan Komjen Listyo Sigit Prabowo
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Tilang Polantas Dihapuskan, Berikut Penjelasan Komjen Listyo Sigit Prabowo

Satukanal.com, Nasional – Presiden Joko Widodo telah mangajukan calon tunggal Kapolri yakni Komjen Listyo Sigit Prabowo ke DPR RI untuk menggantikan Jendreal Idham Azis yang akan memasuki masa pensiunnya.

Listyo Sigit adalah alumni Akademi Kepolisian tahun 1991 dan jabatan terakhirnya sebelum diusulkan menjadi Kapolri adalah Kepala Badan Reserse Kriminal Polri. Penentuan Listyo Sigit menjadi calon Kapolri oleh Presiden sempat mengundang perdebatan berbagai pihak.

Ada anggapan bahwa Listyo punya kedekatan dengan Presiden sejak menjabat sebagai Kapolres Surakarta tahun 2011 dan manjadi ajudan Presiden Jokowi tahun 2014, sehingga bisa dengan cepat dipromosikan menjadi calon Kapolri.

Selain itu, ada beberapa pihak menganggap masih ada beberapa senior dari Komjen Listyo yang juga memiliki karir dan prestasi bagus dan seharusnya bisa diusulkan Presiden menjadi calon Kapolri.

Baca Juga :  Webinar Sinergi dan Kolaborasi: 34 Kabupaten dan Kota di JawaTimur Mendapat Kriteria Peduli HAM

Perdebatan yang sangat sentimental terjadi karena agama dari Komjen Listyo yang dipersoalkan. Perlu diketahui bahwa Komjen Listyo adalah calon Kapolri non muslim pertama dalam sejarah kepolisian Indonesia.

Fit and Proper test (uji kepatutan dan kelayakan) kepada Komjen Listyo telah dilakukan oleh komisi III DPR pada Rabu (20/01/2021) lalu. Dalam agenda tersebut, ada beberapa program yang disampaikan Komjen Listyo, salah satu yang cukup menarik perhatian adalah program penghapusan tilang polantas.

Program tersebut turut mengundang berbagai macam respon masyarakat. Namun dalam penjelasan Komjen Lystio kepada DPR, tilang konvensional akan dihapus, dan untuk pelaksanaan tilang ke depannya akan dilakukan berbasis elektronik melalui pemanfaatan teknologi.

Baca Juga :  Bikin Rumah Pintar Lebih Menyenangkan Dengan 5 Perangkat Digital Ini

Sistem yang ditawarkan Komjen Listyo adalah electronic traffic law enforcement, sistem ini serupa dengan sistem tilang elektronik yang sudah diterapkan di Jakarta dan beberapa daerah lainnya.

Penghapusan tilang konvensional dalam program Komjen Listyo dimaksudkan agar meminimalisir penyimpangan-penyimpangan yang teradi di lapangan.

Polisi lalu lintas juga diarahkan agar melakukan kegiatan yang lebih mengedukasi masyarakat sehingga, masyarakat benar-benar memahami sistem lalu lintas yang baik dan benar.

Polisi lalu lintas juga diharapkan memaksimalkan fungsinya melakukan pengaturan lalu lintas, sehingga dapat memberikan kenyamanan kepada masyarakat pengguna jalan.

 

 

 

 

Pewarta : Albertus Aliandu
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait