Tiga Poin Pertimbangan PPKM Level 4 Diperpanjang - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Masih di Level 4 Pemkot Malang Optimis Segera Turun Level
Ilustrasi pembatasan kegiatan (Foto: Satukanal.com)
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Tiga Poin Pertimbangan PPKM Level 4 Diperpanjang

Satukanal.com, Nasional– Pemberlakuan Pembatasan kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 dan 3 di Jawa-Bali resmi diperpanjang hingga 2 Agustus 2021. Tiga faktor menjadi sebab diberlakukan kembali pembatasan masyarakat ini.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan, tiga indikator pertimbangan pemerintah untuk menerapkan perpanjangan kebijakan PPKM level 4 dan 3, pertama laju penularan kasus, kedua, respons sistem kesehatan yang berdasarkan panduan WHO. Kemudian, terakhir yakni sosio-ekonomi masyarakat.

“Presiden menekankan betul poin yang terakhir, yaitu kondisi sosio-ekonomi masyarakat. Jadi kita membuat tiga indikator itu menjadi barometer kita,” ujar Luhut dalam konferensi pers daring, Minggu (25/07/2021).

Baca Juga :  Apresiasi Kerja Keras Para Paskibra, Bupati Blitar: Saya minta untuk ikut andil dalam pembangunan bangsa dan penanggulangan Covid-19

Sementara itu, Presiden Jokowi menyebutkan bahwa laju penambahan kasus, dan angka keterisian tempat tidur/bed of ratio (BOR) dan positivity rate sebetulnya sudah mulai menunjukkan tren penurunan di beberapa provinsi di Jawa. Meski demikian, pemerintah masih harus tetap waspada dalam menghadapi varian delta yang sangat menular.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi menyebut bahwa pertimbangan aspek kesehatan harus dihitung secara cermat. “Dan pada saat yang sama aspek sosial ekonomi masyarakat, khususnya pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari harus juga diprioritaskan,” tuturnya.

Baca Juga :  PTM Terbatas 50 Persen Dimulai Serentak di Kabupaten Kediri

Maka dari itu, penerapan PPKM level 4 diberikan berabagai pelonggaran untuk masyarakat. Apalagi, yang menjalankan usaha mikro. Seperti halnya, pasar rakyat yang menjual sembako diizinkan buka seperti biasa dengan protokol kesehatan ketat.

Pedagang kaki lima, toko kelontong dan usaha kecil lain sejenisnya juga didizinkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat sampai pukul 21.00 WIB. Kemudian, warung makan atau warteg juga diizinkan buka sampai pukul 20.00 WIB dengan maksimum waktu makan tiap pengunjung 20 menit dan kapasitas maksimal tiga orang.

 

Penulis : Adinda
Editor: Ubadhillah 

Kanal Terkait