Tiga Pedagang Positif Covid-19, Pasar Banyuwangi Ditutup dan Disemprot Disinfektan - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
IMG-20210707-WA0025-df0c0295
Untu mengantisipasi penyebaran virus Covid-19, tim gabungan melakukan penyemprotan disinfektan di Pasar Banyuwangi/foto: Abdul Konik
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Tiga Pedagang Positif Covid-19, Pasar Banyuwangi Ditutup dan Disemprot Disinfektan

satukanal.com, Banyuwangi – Menyusul adanya tiga pedagang yang teridentifikasi positif Covid-19 dari hasil rapid tes swab antigen secara random, Pasar Banyuwangi di Jalan Jalan Karel Satsuit Tubun tutup sementara pada Selasa (6/7/2021).

Untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19,  personel gabungan dari TNI-Polri, Satpol PP, dan Palang Merah Indonesia (PMI) melakukan penyemprotan di sejumlah ruko dan lapak para pedagang pasar pada  Rabu (7/7/2021). Sejumlah jalan poros di sekitar lokasi juga disemprot.

Selama penyemprotan, arus lalu lintas di depan pasar ditutup  sejak pukul 07.00- 10.00 WIB. Penutupan dilakukan selama penyemprotan dilakukan. “Kami lakukan penyemprotan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19,” ujar Kabagops  Kompol Agung Setya Budi, Rabu (7/7/2021) siang.

Baca Juga :  Optimalisasi Budidaya Lobster, Mahasiswa UMM Rancang Smart Pond

Menurut Agung Setya Budi, kegiatan penyemprotan disinfektan dilakukan untuk meminimalisir resiko penularan virus corona agar kinerja pelayanan publik bisa terus berlangsung.

“Jadi aktivitas masyarakat di sekitar pasar juga tidak merasa terganggu, sehingga mereka bisa beraktivitas seperti biasanya,” katanya.

Meski begitu, jelas Agung, aktivitas masyarakat tetap harus mengikuti aturan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat. “Kami harap masyarakat bisa tetap menjaga dan mangikuti anjuran pemerintah,” terangnya.

Selain itu, masih kata Agung, masyarakan terus diingatkan untuk selalu menjaga protokol kesehatan seperti penggunaan masker, rajin cuci tangan dan tetap menjaga social distancing.

Baca Juga :  PPKM Darurat Jombang Direvisi, Masjid Boleh Buka Lagi

Nur Laili, salah satu pedagang Pasar Banyuwangi mengapresiasi penyemprotan disinfektan di Pasar Banyuwangi, sebagai langkah untuk mencegah penyebaran Covid-19. “Memang pusat pembelanjaan yang harus menjadi perhatian khusus, karena cukup banyak masyarakat dari seluruh kalangan datang,” terang warga Kecamatan Glagah tersebut.

Dia mengaku cukup khawatir dengan penyebaran Covid-19 saat ini. Ditambah pemberlakukan PPKM Darurat yang cukup membuat para pedagang kebingungan.  “Masa ini seperti saat di awal pandemi Covid-19, semoga ini menjadi akhir dari pandemi. Agar, ekonomi masyarakat bisa kembali pulih,” katanya. (*)

Pewarta: Abdul Konik

Editor : Danu Sukendro

Kanal Terkait