Tiga Atlet Sepak Takraw ini Harumkan Blitar - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA Kanal Sport

Tiga Atlet Sepak Takraw ini Harumkan Blitar

Satukanal.com, Blitar – Tiga atlet sepak takraw putra daerah Kabupaten Blitar berhasil membantu memboyong satu medali emas untuk kontingen Jawa Timur di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua.

Ketiganya yaitu Samsul Hadi dan Hari Budiono dari Desa Wonodadi Kecamatan Wonodadi, serta Jimmy Kartika dari Desa Karanggayam Kecamatan Srengat.

Selain atlet dari Blitar, atlet Jawa Timur lainnya yakni dari Lumajang Saiful Rizal, kemudian dari Sidoarjo Abdul Muin, Gresik Farid, dan terakhir Tulungagung Dedi Setiadi Suryo.

“Alhamdulillah cabang olahraga (cabor) sepak takraw putra nomor doble event menyumbangkan satu medali emas untuk Jawa Timur,” kata Muchamad Khabib, Pelatih Sepak Takraw Putra Jawa Timur, kamis 30 September 2021.

Pada pertandingan yang digelar di Gor Trikora Universitas Cendrawasih Jayapura itu, Jawa Timur mengalahkan DKI Jakarta dengan skor 2 – 1. Berikutnya mengalahkan Riau 2 – 1, Papua 2 – 0, dan final mengalahkan Sulawesi Selatan dengan skor 2 – 1.

Baca Juga :  Kapolres Blitar: Tiga Pelaku Pemerasan yang Mengaku Wartawan dan Polisi Ternyata Seorang Residivis

“Raihan emas ini merupakan hasil kerja keras bersama, mulai staf kepelatihan hingga para pemain,” ujarnya.

Menurut Khabub, perkembangan sepak takraw di Blitar sangat luar biasa. Bahkan sebelum pandemi Covid-19, ada kompetisi gala desa setiap bulan. Dirinya sangat mendukungnya, sebab melalui kompetisi tersebut bisa memunculkan atlet-atlet berbakat.

“Saya sempat menyampaikan kepada pengurus Pemprov Jatim PSTI untuk membantu setiap kali ada even gala desa. Sebenarnya ada tanggapan atau respon yang bagus. Hanya saja belum sempat terealisasi, saat itu cuaca untuk menggelar kompetisi tidak mendukung. Selain itu juga adanya pandemi yang belum memungkinkan menggelar kompetisi,” tuturnya.

Khabib melanjutkan, setelah berhasil meraih medali emas di nomor doble event, kini tim sepak takraw putra Jawa Timur kembali mempersiapkan diri untuk pertandingan selanjutnya, yaitu di nomor kuadran. Pertandingan pembuka dijadwalkan pada 7 Oktober 2021.

Baca Juga :  Puluhan Anggota Perguruan Silat di Blitar Geruduk Mapolres

“Untuk Jawa Timur akan bertanding pada 8 Oktober 2021. Pada nomor kuadran ini, Jawa Timur satu pool dengan DKI Jakarta dan Sulawesi Selatan. Semoga kita bisa meraih medali emas seperti di nomor doble event,” harapnya.

Untuk sistemnya, imbuh Khabib, masih sama dengan nomor doble event. Penyisihan pool akan diambil dua tim terbaik, kemudian peringkat pertama di pool pertama akan bertanding melawan runer up pool kedua.

“Nah, demikian juga sebaliknya, tim peringkat pertama pool kedua akan bertanding melawan runner up pool pertama. Baru setelah itu masing-masing pemenang akan masuk babak final,” imbuhnya.

 

 

 

Pewarta: Gilang Bachtiar

Editor: Ubaidhillah

Kanal Terkait