Tidur Sambil Duduk Berbahayakah Bagi Kesehatan? Simak Faktanya - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Tidur Sambil Duduk Berbahayakah Bagi Kesehatan? Simak Faktanya
Ilustrasi seseorang sedang tidur sambil duduk
BERITA Kanal Artikel

Tidur Sambil Duduk Berbahayakah Bagi Kesehatan? Simak Faktanya

Satukanal.com, Nasional – Tidur merupakan salah satu kebutuhan hidup manusia. Dengan tidur, tubuh kembali bertenaga, segar, dan regenerasi sel pun dapat tercipta.

Namun, tahukan kamu, ternyata ada beberapa posisi tidur yang sebaiknya dihindari karena dapat menimbulkan dampak yang buruk bagi kesehatan. Posisi tidur itu salah satunya dilakukan sambil duduk.

Tidur dengan posisi duduk sering dilakukan dikala ketiduran mengerjakan tugas atau saking lelahnya bekerja di kantor. Namun apakah tidur sambil duduk baik untuk kesehatan? Melansir laman hellosehat, simak ulasan berikut ini.

1. Meningkatkan resiko deep vein thrombosis (DVT)

Saat kamu tidur dalam posisi duduk, ternyata dapat meningkatkan risiko mengalami deep vein thrombosis (DVT). DVT adalah kondisi yang memiliki gejala adanya penggumpalan darah pada pembuluh darah.

Biasanya, gumpalan darah itu terdapat pada paha atau betis setelah duduk berjam-jam atau dalam waktu yang cukup lama. Masalahnya, tanpa penanganan segera, DVT dapat menimbulkan penyakit yang lebih serius.

Baca Juga :  4 Tips Ampuh Mempercepat Koneksi Internet yang Lemot

2. Resiko mengalami emboli paru

Apabila gumpalan darah bergerak dan berpindah menuju ke paru-paru, risiko mengalami emboli paru pun meningkat. Risiko ini tak hanya meningkat karena tidur sambil duduk, tetapi juga bisa terjadi pada wanita hamil atau orang yang memiliki kebiasaan merokok.

Untuk mencegah kondisi ini terjadi, kamu bisa melakukan tips berikut ini:

  • Pastikan untuk bangkit berdiri dan menggerakkan tubuh jika terpaksa harus tidur dalam posisi duduk berjam-jam dalam pesawat atau mobil selama melakukan perjalanan jauh,
  • Mengkonsumsi air mineral yang cukup,
  • Menyandarkan kursi duduk ke belakang, sandarkan tempat duduk hingga 40 derajat ke belakang agar posisi kursi mendekati posisi berbaring.
Baca Juga :  KAI Tambah Daftar Profesi yang Dapat Tiket Gratis, Siapakah?

Lalu, posisi tidur apa saja yang kira-kira berbahaya bagi tubuh? simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Posisi tengkurap, posisi ini bisa membuat leher terus berputar dan badan tertekan, sehingga sirkulasi penapasan pun menjadi buruk.
  2. Posisi meringkuk, Posisi ini dapat menyebabkan sakit leher dan punggung. Tidur dalam posisi ini juga menyebabkan ketegangan pada punggung dan sendi, terutama jika lutut dan dagu diselipkan di dada.
  3. Posisi tidur dengan mengangkat satu kaki, posisi ini bisa berakibat buruk pada tulang belakangmu.
  4. Tidur dengan kepala lebih tinggi, posisi tidur ini sangat berbahaya karena postur kepala ke depan telah terbukti menurunkan kapasitas paru-paru, mengurangi asupan oksigen yang dibutuhkan sel-sel tubuh. Hal ini juga dapat menyebabkan penyakit asma, sleep apnea, dan penyakit kardiovaskular.

 

 

Editor : Naviska

Kanal Terkait