Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana, Pemkot Batu Bentuk Tim Khusus - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
TNI/Polri, Pemkot Batu, relawan dan masyarakat bahu membahu melakukan kegiatan penanggulangan bencana banjir bandang di Kota Batu. (foto: c-1/satukanal.com)
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana, Pemkot Batu Bentuk Tim Khusus

satukanal.com, Batu – Pemerintah Kota (Pemkot) Batu secara resmi menetapkan status daerah tanggap darurat bencana pada Jumat 5 November 2021. Setelah ditetapkannya status tersebut, Pemkot akan segera membentuk tim khusus penanggulangan bencana.

“Karena sudah ditetapkan menjadi daerah tanggap bencana, bersamaan dengan itu telah dibentuk tim. Dan hari ini, pembuatan tim itu dalam proses di bagian hukum Pemkot Batu. Setelah urusan di bagian hukum selesai, maka kita sosialisasikan dan mengkomunikasikan tim itu untuk turun ke lapangan,” ujar Punjul Santoso, Wakil Walikota Batu Jumat (5/11/2021).

Baca Juga :  Lima Hari Tidak Pulang ke Rumah, Warga Blitar Ditemukan Tewas Mengapung di Sungai

Tim tersebut, menurut Punjul, terdiri dari berbagai unsur seperti Palang Merah Indonesia (PMI), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), relawan hingga personel TNI-Polri.

“Setelah selesai, kami komunikasikan tim itu untuk turun lapangan. Untuk hari ini, kami memonitor dari bapak-bapak TNI-Polri, relawan PMI, Pramuka BPBD dan Tagana laporan-laporan masuk setiap saat kita tunggu,” katanya.

Hingga saat ini kata Punjul, pihaknya terus berfokus untuk melakukan penanganan pasca banjir berupa pembersihan material berupa lumpur yang masih ada di sekitar pemukiman.

Baca Juga :  Meski Sudah Level 1, PTM di Jombang Masih Pakai Sistem Shifting

“Sisa-sisa batu atau material yang terbawa lumpur dari banjir tersebut, kita bersihkan supaya masyarakat yang berada di lokasi terdampak bisa beraktivitas,” ujarnya.

Seperti diberitakan, banjir bandang melanda kota Batu, Kamis (4/11/2021) sore. Hingga Jumat sore, sebanyak 6 korban jiwa telah ditemukan, sementara tiga warga masih dalam proses pencarian. (C1)

Editor: Danu S

 

Kanal Terkait