Tes GeNose Saat Berpuasa, Jangan Melebihi 6 Jam Pasca Sahur - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Tes GeNose Saat Berpuasa, Jangan Melebihi 6 Jam Pasca Sahur
Foto: ugm.ac.id
Kanal Highlight Kanal Straight

Tes GeNose Saat Berpuasa, Jangan Melebihi 6 Jam Pasca Sahur

SATUKANAL.com, NASIONAL– Sebagai salah satu alat deteksi dini Covid-19, melakukan tes GeNose saat berpuasa Ramadhan harus memperhatikan beberapa syarat yang harus dipatuhi. Hal ini disampaikan oleh peneliti GeNose C19, dr. Dian Kesumapramudya Sp.A., M. Sc., Ph.D.

Pemeriksaan menggunakan GeNose, kata Dian, sebaiknya jangan lebih dari enam jam setelah sahur. Jika lebih dari enam jam, dikhawatirkan ada peningkatan asam lambung. Sehingga, kondisi ini dapat memengaruhi hasil pembacaan GeNose.

“Terkait peningkatan asam lambung ini sebenarnya bisa diakali dengan berkumur, tetapi tetap lebih baik jangan lebih dari 6 jam sesudah sahur pemeriksaan GeNose-nya,” terangnya dilansir dari laman resmi Universitas Gadjah Mada.

Baca Juga :  Makin Gawat, 620 Nakes Terkonfirmasi Positif

Sementara itu, dr. Mohamad Saifuddin Hakim, M.Sc., Ph.D., salah satu peneliti GeNose C19 juga menambahkan, waktu yang dianjurkan untuk pemeriksaan GeNose adalah setelah berbuka puasa. “Selain pagi, tes GeNose sebaiknya dialkukan 1 jam setelah berbuka puasa,” imbuhnya.

Diketahui sebelumnya, untuk skrining adanya infeksi Covid-19 dengan hembusan napas pada hari biasa, pengguna diminta untuk puasa atau tidak makan dan minum yang berbau khas. Pengguna juga dianjurkan untuk tidak merokok sekitar 30 menit hingga 60 menit sebelum pemeriksaan. Alasannya yakni agar meminimalkan terjadinya hasil positif palsu dari pembacaan GeNose C19.

Baca Juga :  Kepahlawanan Novilia, Peneliti Vaksin yang Gugur dalam Perang Melawan Covid-19

Hingga kini, GeNose C19 diberlakukan sebagai syarat skrining bagi masyarakat yang telah melakukan perjalanan melalui kereta api dan pesawat terbang. Total, ada 44 stasiun yang telah menggunakan GeNose untuk skrining Covid-19. Sedangkan, ada empat bandara yang menerapkan Genose C19 ini yakni Medan, Yogyakarta, Bandung dan Surabaya.

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi  Satukanal

Kanal Terkait