SATUKANAL.COM
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Tes CPNS Kediri Dimulai, Satu Formasi Jadi Rebutan 13 Pendaftar

SATUKANAL, KEDIRI – Para pengadu nasib mencoba peruntungan melalui tes CPNS Kabupaten Kediri, Senin (10/2/2020). Ribuan pelamar yang sudah lolos seleksi administrasi tersebut mengikuti tahapan selanjutnya, yakni Seleksi Kemampuan Dasar (SKD).

Tingkat ketertarikan para calon punggawa negara di Kabupaten Kediri cukup tinggi. Dengan 690 formasi yang tersedia, ada sebanyak 9.444 pendaftar. Artinya jika dihitung rata-rata, satu formasi diperebutkan oleh 13 orang.

Dilaksanakan di auditorium basement monumen Simpang Lima Gumul (SLG), peserta mulai mendatangi lokasi ikonik Kabupaten Kediri ini sejak pagi. Mereka berpakaian layaknya calon pekerja, atasan putih dan bawahan hitam.

Ketua panitia seleksi CPNS Kabupaten Kediri, Dede Sujana menyebut ada 690 formasi yang dibutuhkan. Dari jumlah tersebut, formasi didominasi oleh bidang pendidikan dan kesehatan. Masing-masing sebanyak 430 orang dan 158 orang. Sisanya, formasi teknis sebanyak 102 orang.

Baca Juga :  Turis China Jarang ke Malang, Sektor Pariwisata Tak Terdampak Pembatasan

Jumlah ini jauh lebih kecil dari jumlah pelamar. Dari catatan yang dihimpun, pelamar mencapai angka 9.444 orang. “Tapi ada yang memenuhi syarat, ada yang tidak,” ujar Dede.

Soal sarana prasarana bagi peserta, Dede mengatakan semua persiapan sudah dilakukan maksimal. Termasuk, pengecekan jaringan dan internet sehari sebelum tes.

“Kemarin sudah dites, tidak ada kendala. Ternyata, hari ini ada kendala, sedikit saja, tapi sudah teratasi,” imbuh pria yang kini menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Kediri ini.

Sebagai antisipasi, Dede mengatakan panitia telah menyiapkan genset. “Selain listrik dari PLN, kami siapkam genset juga. Jaringan, meja, kursi, laptop semua sudah,” katanya.

Baca Juga :  Dinsos Kabupaten Kediri Banjir Pengajuan Kartu Indonesia Pintar dari Kecamatan

Salah satu peserta yang ditemui Satukanal.com, Alfian Adinata mengatakan doa sebagai persiapan utamanya. Meski demikian, ia sudah mempelajari soal-soal yang akan diujikan. Ini kali kedua pria bertubuh tambun ini mendaftar CPNS.

“Untuk formasi guru SD. Dulu baru sampai tes administrasi, sekarang sampai SKD, mudah-mudahan lolos,” harapnya.

SKD akan berlangsung hingga 27 Februari mendatang. Di hari pertama, tes dimulai pukul 10.00 dan hanya berlangsung empat sesi. Di hari selanjutnya, tes akan dimulai pada 08.00 dan akan berlangsung lima sesi dalam sehari.

Empat daerah yang mengikuti SKD CPNS di auditorium basement monumen SLG ialah Kabupaten Kediri, Kota Kediri, Kota Blitar, dan Kabupaten Blitar.

Pewarta: Isnatul Chasanah

Redaktur: N Ratri

    Kanal Terkait