SATUKANAL.COM
Foto : Wakil Bupati Kediri Aktif, Masykuri Ikhsan
BERITA HIGHLIGHT ISU PILIHAN

Terus “Mepet” Gerindra, Masykuri Klaim Kantongi Dukungan Parpol Lain

SATUKANAL, KEDIRI – Wakil Bupati Kediri aktif, Masykuri Ikhsan tampaknya masih terus berusaha mepet atau merapat ke Partai Gerindra untuk mendapatkan rekomendasi dalam kontestasi Pilbup 2020. Masykuri juga mengklaim bahwa dia telah mendapat dukungan dari partai politik lain untuk maju sebagai calon bupati.

Posisi Masykuri tampaknya cukup diuntungkan dengan dinamika politik yang terjadi belakangan. Sebelumnya, Gerindra mengajukan 3 nama bakal calon bupati (bacabup) yakni Mujahid, Masykuri, dan Supadi.

Namun, dua nama selain Masykuri gugur di tengah proses. Mujahid menyatakan mundur, sementara Supadi tengah berkasus hukum.

Meski demikian, Gerindra memberikan syarat tambahan bagi Masykuri jika ingin tetap mendapatkan rekomendasi. Dia mesti mendapatkan dukungan dari parpol lain hingga kuota minimal partai pengusung calon terpenuhi.

Seperti diketahui, Gerindra saat ini memiliki 5 kursi legislatif. Dengan syarat dari KPU minimal 10 kursi dewan sebagai parpol pengusung bacabup, partai berlambang Garuda ini membutuhkan setidaknya 5 kursi parpol lain.

Masykuri telah menyanggupi persyaratan yang dimintai Partai Gerindra yakni dengan membawa partai koalisi untuk melengkapi sejumlah 10 kursi dan membawa calon wakilnya untuk disodorkan sebagai persyaratan utama.

“Deadline-nya sudah kemarin, tetapi kita sudah menyodorkan partai. Untuk itu, kita tunggu nanti malam, kita saat ini sedang rapat,” jelas Masykuri saat dihubungi Satukanal.com melalui telepon pribadinya, Rabu (26/2/2020).

Ditanyai mengenai pendampingnya, Masykuri masih enggan berkomentar. Namun, ia mengatakan telah menyerahkan beberapa nama ke partai sebagai pilihan.

“Pak Supoyo, Bu Mudawamah, Bu Nur Aini itu orangnya koalisi ya, jadi saya tidak punya wewenang memilih. Kalau ibarat menikah, saya ini kan melamar. Jadi terserah mau dinikahkan dengan siapa, saya ikut saja,” kata Masykuri.

Terkait dengan koalisi, Masykuri menyebut telah bersepakat dengan beberapa partai yang nantinya akan digandengkan dengan Partai Gerindra. Meski demikian, ia masih enggan menyebutkan nama-nama parpol yang siap mendukungnya.

“Sampai sekarang semua partai masih terbuka, namun saat ini kita sudah ada kesepakatan dengan partai koalisi,” sebutnya.

Sementara itu, Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Kediri Arif Djunaidi membenarkan pernyataan Masykuri. Menurutnya, Gerindra memberikan kesempatan kepada Masykuri hingga hari ini pukul 24.00 WIB, untuk memberikan seluruh persyaratan yang telah ditetapkan.

“Hari ini saya konfirmasi dengan Pak Masykuri, katanya siap menyodorkan partai koalisi, terus wakilnya siapa. Saya tunggu sampai nanti jam 12 malam, nanti datanya harus lengkap,” tegasnya.

Namun, Partai Gerindra juga masih memiliki opsi membuka pendaftaran ulang calon bupati jika ternyata Masykuri mangkir. “Jika tidak (melengkapi persyaratan) ya terpaksa kita urungkan dan membuka pendaftaran lagi di awal bulan nanti,” pungkasnya.

Pewarta: Muchlis Ubaidhillah

Redaktur: N Ratri

    Kanal Terkait