SATUKANAL.COM
Kajari Kota Batu, Nur Chusniyah (Swandy)
BERITA

Tersandung Mark Up Pengadaan Billboard, Satu ASN Pemkot Batu Ditahan

Satuchannel.com, Kota Batu – Setelah sebelumnya rekanan swasta Pemkot Batu ditahan terkait kasus mark up pengadaan billboard atau papan iklan. Kini salah seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) ditahan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Batu karena kasus yang sama.

Kepala Kejari Kota Batu, Nur Chusniyah saat dikonfirmasi satuchannel membenarkan adanya penahanan kepada salah seorang ASN Kota Batu berinisial SA ditahan Kamis (20/7) sekitar pukul 14.00.

“Salah seorang ASN ini menjabat Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) di Humas Pemkot Batu.” jelas Nur Chusniyah kepada satuchannel melalui pesan singkat.

Penahanan oknum ASN ini diduga akibat penyalahgunaan wewenang sebagai PPK pada publikasi sewa billboard. Pengadaan sewanya dilaksanakan di Juanda dan di Denpasar.

“Pada pengadaan billboard ini dilaporkan karena tidak sesuai spesifikasi kontrakan berikut tanpa adanya adendum.” lanjutnya.

Tersangka juga diduga membuat mark up HPS lalu dialihkan lokasi pekerjaan untuk sewa billboard. Akibat perbuatannya negara mengalami kerugian Rp 54.385.000 untuk sewa billboard di Denpasar, Bali dan Rp 238.186.000, untuk di Juanda, Surabaya.

Saat ini tersangka ditahan di Lapas Lowokwaru, Kota Malang hingga 20 hari ke depan sebagai langkah penyidikan.

Sebelumnya, pada Senin (17/7) Kejari Kota Batu menetapkan salah seorang rekanan Pemkot Batu berinisial KYT sebagai komoditer CV Wikra Kallea karena kasus yang sama atas perintah tersangka SA. (Swd / Ars)

 

Kanal Terkait